BERPRESTASI DI BIDANG ANIMASI, AISYAH: SAYA INGIN BUAT STUDIO


BERPRESTASI DI BIDANG ANIMASI, AISYAH: SAYA INGIN BUAT STUDIO

Menonton kartun adalah kegemaran Aisyah Nadia Kusuma sejak kecil. Tak hanya menonton kartun, perempuan yang akrab disapa Ais ini juga gemar membaca komik dari buku komik yang biasa ia pinjam di perpustakaan. Kegemaran akan seni animasi inilah yang akhirnya membuatnya mulai menirukan dan menggambar ulang ilustrasi yang biasa ia lihat.

 

Ais akhirnya mulai menekuni bidang menggambar saat duduk di bangku Sekolah Menengah Atas (SMA). Merasa gambar yang ia buat cukup bagus, Ais mulai memberanikan diri untuk mengikuti kompetisi yang sering dilihatnya dari media sosial.

 

Bak takdir, usaha Ais membuahkan hasil yang manis. Dari beragam kompetisi yang ia ikuti, ia akhirnya lolos dan berhasil menjadi juara. “Saya mulai ikut lomba kelas 2 SMA, dari media sosial ada lomba komik mingguan berhadiah uang tunai, dan akhirnya saya menang. Dari uang tersebut, saya gunakan untuk membeli peralatan menggambar dan untuk jajan,” kenangnya.

 

Merasa berbakat di bidang animasi setelah berhasil memenangkan beragam kompetisi, mahasiswi semester 7 ini akhirnya ‘banting stir’ dari SMA dengan jurusan IPA, beralih masuk ke Program Studi (Prodi) D-4 Animasi Universitas Dian Nuswantoro (Udinus). “Saya memilih animasi untuk mengembangkan hobi saya di bidang menggambar,” tuturnya.

 

Dara manis yang baru saja memenangkan lomba original character di platform KOOMIK awal tahun lalu ini juga mulai mendapatkan penghasilan dari bakatnya dalam menggambar. Ais menjadi freelancer ilustrasi dan animasi dari situs jual beli jasa bernama Fiverr. Dari pekerjaannya tersebut, ia bisa menghidupi kebutuhannya sehari-hari. “Menurut saya worth it karena sekarang ini saya benar-benar lepas dari orang tua untuk hidup mandiri. Dari penghasilan tersebut saya bisa gunakan untuk meng-upgrade peralatan gambar saya dan sisanya untuk ditabung,” ucapnya.

 

Kepada prodi D-4 Animasi Udinus, Aisyah mengucapkan banyak terimakasih karena sudah menjadi penghubung antara dirinya dan teman-teman seperjuangan yang memiliki hobi serupa. “Meski kadang banyak tekanan dari tugas disaat tertentu, namun ini membuat pertemanan kami para mahasiswa Animasi menjadi lebih solid dan menjadi faktor pendukung saya hingga sekarang ini,” tutur Ais.

Kedepannya, ia berharap untuk bisa menggaet banyak orang untuk bekerja di bidang ilustrasi dan animasi. “Dalam waktu dekat saya ingin membuat studio kecil-kecilan dulu,” ujarnya. (*Humas Udinus/Almira. Foto: Dok Pribadi)


Career Collaboration Dinus Tour Sitemap TVKU E-Gamelan E-Prints Repository Publication Dinustek Kulino CFLT ILCS Guest Book KPM Kemahasiswaan

Universitas Dian Nuswantoro

Main Campus : 207 Imam Bonjol Street || (+6224) 3517261
Other Campus : 5-11 Nakula I Street || (+6224) 3520165
Fax. (+6224) 3569684 || Semarang 50131 Indonesia
Contact us


UNIVERSITAS DIAN NUSWANTORO SEMARANG || Copyright © 2015 - 2020 PSI UDINUS All right Reserved (App-19)