TINGKATKAN FOTOGRAFI SEBAGAI PASSION, HARVIYAN JADIKAN FOTO SEBAGAI PENYAMPAI INFORMASI


TINGKATKAN FOTOGRAFI SEBAGAI PASSION, HARVIYAN JADIKAN FOTO SEBAGAI PENYAMPAI INFORMASI

 

 

“Man behind the gun. Kuasai kameramu sebelum kameramu menyulitkanmu. Perbanyak literasi visual yang kuat untuk memperdalam pemahaman foto,” ujar Harviyan Perdana Putra, alumni S1 Desain Komunikasi Visual (DKV) Fakultas Ilmu Komputer Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) yang kini bekerja sebagai Pewarta Foto Antara Foto.

 

Menggeluti dunia fotografi telah menjadi passion Harviyan sejak duduk di bangku perkuliahan, menurutnya menjadi seorang pewarta foto tidak beda jauh dengan seorang wartawan pada umumnya. Pewarta foto harus mampu memberitahukan suatu kejadian yang layak untuk disajikan melalui visual berita foto kepada pembaca.

 

Lelaki yang kerap disapa Harviyan tersebut mengaku ketika awal berkuliah sempat menyukai foto landscape alam, karena baginya alam tidak pernah dapat ditebak. Bermula itu, ia berkeinginan untuk mengetahu semua genre foto. Ia juga sempat bekerja freelance sebagai fotografer prewedding. Namun dengan kerja keras dan kemampuan belajarnya ia berhasil terjun dalam dunia jurnalistisk. “Rasanya puas karena telah menyajikan suatu informasi melalui foto. Puncak kepuasannya adalah ketika persiapan memotret di lapangan sudah matang, hasil foto peliputan layak tayang dan akhirnya sampai oleh pembaca dengan efek positif,” jelas Harviyan.

 

Ia mengatakan banyak mata kuliah yang memberinya banyak manfaat saat menggeluti dunia fotografi, salah satunya mata kuliah fotografi yang mampu membantunya mengerti berbagai pengetahuan foto, komposisi dasar, exposure dan lain sebagainya. Hingga kini ia mengatakan masih menerapkan ilmu yang ia dapat semasa duduk di bangku perkuliahan dalam pekerjaanya.

 

Menurutnya, selama menjadi pewarta foto tantangan yang ia hadapi adalah pembaca yang merasa kurang puas dalam menerima suatu informasi. Namun hal itu tak dijadikan halangan baginya, melalui feedback dari pembaca membuatnya terus meningkatkan kreativitas dalam penyampaian informasi melalui foto yang ia ambil.

 

Ia berpesan kepada mahasiswa yang ingin terjun dalam dunia fotografi untuk terus belajar menguasai kamera dan menentukan komposisi yang sesuai. “Gali informasi tentang passion mu, perluas wawasan dan tambah pengetahuan sesuai dengan bidang kemampuan,” pesan Harviyan. (*Humas Udinus/Almira. Foto: Dok. Pribadi)


Gallery Career Collaboration Dinus Tour Sitemap TVKU E-Gamelan E-Prints Repository Publication Dinustek Kulino CFLT ILCS Guest Book KPM

Universitas Dian Nuswantoro

Main Campus : 207 Imam Bonjol Street || (+6224) 3517261
Other Campus : 5-11 Nakula I Street || (+6224) 3520165
Fax. (+6224) 3569684 || Semarang 50131 Indonesia
Contact us


UNIVERSITAS DIAN NUSWANTORO SEMARANG || Copyright © 2015 - 2020 PSI UDINUS All right Reserved (App-24)