LOLOS PIMNAS, RICHA MILIKI KESIBUKAN SEBAGAI GURU LES


LOLOS PIMNAS, RICHA MILIKI KESIBUKAN SEBAGAI GURU LES

'Rezeki sudah ada yang mengatur', pepatah inilah yang selalu diterapkan oleh Richa Kusuma Dewi Ratna, mahasiswi Program Studi (Prodi) S1 Akuntansi Universitas Dian Nuswantoro (Udinus). Ia berhasil menjadi satu-satunya kandidat tim Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) dari Udinus yang lolos di ajang Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) dengan judul 'Dampak Kebijakan Pemerintah terhadap Relokasi PKL Pasar Barito'.

 

Richa, sapaan akrab mahasiswa yang tengah sibuk menempuh skripsi ini menuturkan jika prestasi ini dimulai dari tawaran teman satu organisasinya untuk turut serta bergabung mengerjakan PKM. Ia tak menyangka jika akhirnya lolos dan menjadi kandidat yang mewakili Udinus ke ajang PIMNAS.

 

Diakuinya jika ia mulai mengenal PKM semenjak bergabung dengan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Penalaran. "Penalaran lah yang menjembatani saya sehingga dapat merasakan gemuruh PIMNAS," ujarnya.

 

Dalam membuat suatu karya maupun program untuk PKM, ia memberikan sedikit trik, yaitu melihat suatu ide yang diambil dari lingkungan sekitar yang jarang dilirik orang-orang. "Bisa dimulai dari mengamati dan belajar peduli dengan lingkungan sekitar dulu," tutur Richa.

 

Selain menjadi mahasiswa berprestasi dengan ajang PIMNAS, Richa pun juga disibukkan dengan kegiatan non akademiknya sebagai guru les private untuk jenjang sekolah dasar hingga menengah pertama. "Mulai jadi guru les sejak SMK untuk semua mata pelajaran, niat awalnya untuk membantu anak tetangga, tapi setelah dilakukan hasilnya lumayan untuk saya bisa mulai belajar mandiri," kenang Richa.

 

Richa pun mengaku telah dipercaya untuk memberikan les private hingga kini total ada 30 murid yang pernah diajar olehnya. "Jadi sistemnya keluar masuk gitu tergantung kebijakan orang tuanya juga, dan karena sekarang saya sibuk dengan skripsi sekarang jumlah siswanya pun dikurangi," cerita Richa.

 

Hal ini pun ia lakukan agar tidak mengganggu waktunya yang mulai disibukkan dengan skripsi. Meski terkadang menjadi guru les membuatnya kerap harus merombak jadwal kuliah yang bentrok dengan jadwal mengajarnya, ia mengaku tetap menikmati kegiatannya. Richa pun mengaku tetap bisa fokus terhadap kegiatan perkuliahan.

 

Richa pun berpesan, seperti dirinya yang selain menjadi mahasiswi Akuntansi, juga aktif membuat PKM dan menjadi guru les, ia ingin teman-teman mahasiswa dapat menggali potensi untuk bekal setelah lulus nanti. "Optimalkan keahlianmu, apalagi jika masih duduk di bangku kuliah banyak yang bisa di explore, mulai dari mencoba dulu supaya bisa memiliki banyak pengalaman nantinya setelah lulus," pesan Richa. (Humas Udinus/Almira. Foto: Dok. Pribadi)

 


Gallery Career Collaboration Dinus Tour Sitemap TVKU E-Gamelan E-Prints Repository Publication Dinustek Kulino CFLT ILCS Guest Book KPM

Universitas Dian Nuswantoro

Main Campus : 207 Imam Bonjol Street || (+6224) 3517261
Other Campus : 5-11 Nakula I Street || (+6224) 3520165
Fax. (+6224) 3569684 || Semarang 50131 Indonesia
Contact us


UNIVERSITAS DIAN NUSWANTORO SEMARANG || Copyright © 2015 - 2020 PSI UDINUS All right Reserved (App-24)