JADIKAN HOBI SEBAGAI USAHA, JIHAN MANFAATKAN PELUANG DARI SENI HENNA


JADIKAN HOBI SEBAGAI USAHA, JIHAN MANFAATKAN PELUANG DARI SENI HENNA

Berawal dari hobi menggambar sebuah motif ulit atau ulur yang awalnya diterapkan pada media kertas. Jihan Farida, mahasiswi Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang dapatkan peluang mencoba usaha jasa ‘Henna Art’ dengan omzet yang mencapai jutaan rupiah.

 

Mahasiswi jurusan S1 Kesehatan Masyarakat Udinus ini pada awalnya hanya bertujuan untuk mengembangkan hobi. Namun dari situ ia melihat bahwa karya seni tersebut memiliki peluang untuk menghasilkan keuntungan. Peluang tersebut ia mulai dapatkan pada tahun 2016. “Peluang itu muncul karena belum adanya usaha yang sama di kalangan keluarga maupun teman, dan hingga saat ini omzet yang saya dapatkan selama satu bulan kurang lebih mencapai 1,5 sampai 2 Juta,” Jelasnya.

 

Jihan sapaan akrabnya, menjelaskan konsep dari jasa henna, yaitu melukiskan bagian tubuh klien dengan pasta khusus. Dalam seni ini lukisan yang dibuat merupakan perpaduan motif timur tengah dan India. Jasa tersebut ia lakukan secara home service dan menggunakan bahan yang aman untuk kulit tubuh. “Pemasaran jasa saya lakukan melalui akun media sosial seperti Instagram @jihanhenna_ yang khusus mengunggah hasil lukisan henna untuk tiap bagian tubuh,” jelasnya.

 

Setiap kali memberikan jasa, Jihan membutuhkan waktu pengerjaan kurang lebih 2 jam tergantung dari desain dan tingkat kesulitannya. Agar mendapatkan hasil yang maksimal ia juga perlu menyesuaikan jenis kulit kliennya. “Karena perawatan henna yang dilakukan akan berbeda untuk tiap jenis kulit, dan ini biasanya menjadi kendala saya. Untuk mengatasinya saya selalu melakukan konsultasi terlebih dulu dengan klien sebelum mulai melukis,” jelasnya

 

Dengan adanya kesibukan menjalankan usahanya. Jihan memiliki cara tersendiri untuk membagi waktu melakukan jasa henna dengan waktu perkuliahan. Ia sering kali mengerjakan jasa henna di malam hari atau sore setelah selesai dengan perkuliahan. “Karena jadwal untuk mengerjakan henna termasuk fleksibel, jadi tidak ada kendala yang berarti untuk menyesuaikan dengan jadwal perkuliahan,” tutupnya. (Humas Udinus/Haris. Foto: Dok. Pribadi)

 


Career Collaboration Dinus Tour Sitemap TVKU E-Gamelan E-Prints Repository Publication Dinustek Kulino CFLT ILCS Guest Book KPM Kemahasiswaan

Universitas Dian Nuswantoro

Main Campus : 207 Imam Bonjol Street || (+6224) 3517261
Other Campus : 5-11 Nakula I Street || (+6224) 3520165
Fax. (+6224) 3569684 || Semarang 50131 Indonesia
Contact us


UNIVERSITAS DIAN NUSWANTORO SEMARANG || Copyright © 2015 - 2020 PSI UDINUS All right Reserved (App-24)