DARI PENGALAMAN MAGANG SABRINA TEKUNI KARIR DI DUNIA AKUNTANSI


DARI PENGALAMAN MAGANG SABRINA TEKUNI KARIR DI DUNIA AKUNTANSI

Mengikuti kegiatan magang menjadi salah satu ajang bagi mahasiswa untuk mencari pengalaman sekaligus pekerjaan. Hal tersebutlah yang dirasakan oleh Sabrina Ananda Riddya, mahasiswi jurusan S-1 Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) yang saat ini berkarir di Kantor Akuntan Publik (KAP).

 

Gadis yang akrab disapa Sabrina tersebut berhasil memberikan performa terbaiknya ketika proses kegiatan magang. Berada di posisi junior associate, ia bertugas menyiapkan working paper yang nantinya akan diaudit. Selain itu juga membuat surat konfirmasi dan menyiapkan dokumen apa saja yang diperlukan untuk klien.

 

“Buat saya manfaat mengikuti program magang ini bisa tau perbedaan dunia kerja dengan teori yang biasa saya pelajari. Karena ini pertama kalinya saya terjun langsung ke dunia kerja pasti banyak adaptasi yang saya lakukan,” ungkap gadis kelahiran Semarang, 18 Agustus 1999 tersebut.

 

KAP merupakan badan usaha yang telah mendapat izin dari menteri keuangan. Sebagai salah satu wadah bagi akuntan publik dalam memberikan jasanya kepada klien. Pada awalnya Mahasiswi angkatan 2017 tersebut tidak menyangka bisa mendapatkan kesempatan magang di KAP. Setelah menjalani program magang selama 6 bulan, ia pun diberi kesempatan terus mengembangkan ilmunya sebagai karyawan disana. 

 

“Saya memang sudah tertarik dengan bidang ini sejak dari awal perkuliahan. Meski sempat beranggapan tidak sanggup tapi setelah diberi kesempatan untuk mengasah kemampuan melalui kegiatan magang, ternyata bisa ditarik menjadi karyawan,” jelas Sabrina.

 

Selama menjalani kegiatan magang Sabrina juga sempat menemui kendala. Solusi yang biasa dilakukan yaitu bertanya langsung ke senior atau mencarinya di internet. Namun dari situ banyak sekali pembelajaran baru yang ia dapatkan. “Selama kegiatan magang ada beberapa praktik yang saya terapkan teorinya dari perkuliahan, seperti menghitung PPh pasal 21 dan membuat laporan keuangan,” ungkapnya.

 

Mahasiswa yang juga aktif di organisasi Pers Kampus Wartadinus tersebut, tidak terlalu kesulitan dalam membagi waktunya dengan perkuliahan. Karena sudah semester 8 maka ia hanya perlu menyelesaikan skripsi dan laporan magangnya. “Sejak januari ini untuk hari-hari biasa pekerjaan di KAP sudah tidak  bisa ditinggal, jadi untuk skripsi saya kerjakan di hari sabtu atau ketika tanggal merah,” tutupnya. (Humas Udinus/Haris. Foto: Dok. Pribadi)


Career Collaboration Dinus Tour Sitemap TVKU E-Gamelan E-Prints Repository Publication Dinustek Kulino CFLT ILCS Guest Book KPM Kemahasiswaan

Universitas Dian Nuswantoro

Main Campus : 207 Imam Bonjol Street || (+6224) 3517261
Other Campus : 5-11 Nakula I Street || (+6224) 3520165
Fax. (+6224) 3569684 || Semarang 50131 Indonesia
Contact us


UNIVERSITAS DIAN NUSWANTORO SEMARANG || Copyright © 2015 - 2020 PSI UDINUS All right Reserved (App-24)