JADI FREELANCER, BINTANG PERLUAS RELASI DAN PASSION MENULIS


JADI FREELANCER, BINTANG PERLUAS RELASI DAN PASSION MENULIS

Menjadi salah satu alumni yang lulus di masa pandemi bukan menjadi kendala bagi Gusti Bintang Kusumaningrum (23). Lulusan Program Studi (Prodi) S1 Ilmu Komunikasi Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) yang saat ini menjadi freelancer di salah satu media online.

 

Gadis yang akrab disapa Bintang tak kesulitan dalam mencari pekerjaan. Karena keahlian yang didapatkan selama menempuh pendidikan di Prodi Ilkom Udinus. Ia mendapatkan tawaran dari satu di antara media di Kota Semarang untuk bekerja sebagai freelancer di media tersebut. “Tawaran sebagai penulis lepas tersebut saya ambil dan menjadi suatu kehormatan bagi saya. Selain itu dari sisi positifnya saya masih bisa mencoba bisnis lain dari rumah,” ungkapnya

 

Dara kelahiran Grobogan, 19 Juli 1998 ini menempati posisi sebagai freelancer yang menulis artikel di kolom bisnis serta branding dan promosi. Setiap harinya ia wajib menulis 2 artikel yang akan diterbitkan secara online melalui website. “Dengan diberi tanggung jawab menulis artikel dalam kolom tersebut, saya jadi lebih hobi membaca artikel dan membuka wawasan baru dari topik serupa,” jelas Bintang.

 

Selama menjadi freelancer, Bintang juga aktif melakukan usaha sampingan bersama dengan kerabat. Dengan melihat kondisi pandemi yang sempat memburuk. Ia memanfaatkan situasi dengan melakukan usaha tersebut secara online dari rumah. “Usaha yang saya lakukan selama ini mengikuti apa yang sedang trend di masyarakat. Sempat saya usaha jualan susu jelly, salad buah, setup roti sampai brownies lumer,” ungkap Alumni angkatan 2016 tersebut.

 

Semasa masih berkuliah dan menetap di Semarang, Bintang juga sempat bekerja di salah satu media online lainnya. Namun pekerjaan itu harus ia tinggalkan karena adanya lockdown saat pandemi. “Melihat dari kondisi yang memburuk saat itu, saya memutuskan untuk menunggu hingga pandemi reda dan memulai bisnis dari rumah bersama teman,” ujarnya.

 

Alumni yang sempat aktif sebagai Ketua Umum Pers Kampus Wartadinus ini juga berpesan, bahwa bekerja sebagai freelancer tidak separah yang dibayangkan. Justru menjadi kesempatan untuk memperluas koneksi agar mengenal lebih banyak orang. “Selain itu juga akan mendapatkan lebih banyak pengalaman, ketika dibandingkan dengan seorang pekerja kantor yang monoton dari pagi sampai sore,” pesan Bintang.

 

Dengan meneruskan pendidikan di Udinus, Bintang merasa bersyukur karena mendapatkan mata kuliah entrepreneurship dasar hingga start up bisnis. Serta mata kuliah Ilkom lain di bidang penulisan yang sangat berguna dalam pekerjaan yang saat ini ia jalani. “Ditambah dengan aktif dalam unit kegiatan mahasiswa pers kampus saya juga mendapat kesempatan untuk mempraktikkan kemampuan menulis di lapangan,” tutupnya. (Humas Udinus/Haris. Foto: Dok. Pribadi)

 


Career Collaboration Dinus Tour Sitemap TVKU E-Gamelan E-Prints Repository Publication Dinustek Kulino CFLT ILCS Guest Book KPM Kemahasiswaan

Universitas Dian Nuswantoro

Main Campus : 207 Imam Bonjol Street || (+6224) 3517261
Other Campus : 5-11 Nakula I Street || (+6224) 3520165
Fax. (+6224) 3569684 || Semarang 50131 Indonesia
Contact us


UNIVERSITAS DIAN NUSWANTORO SEMARANG || Copyright © 2015 - 2020 PSI UDINUS All right Reserved (App-24)