NINA, ALUMNI BROADCAST UDINUS, YANG MENAPAKI KARIR DI 5 MEDIA NASIONAL DI INDONESIA


NINA, ALUMNI BROADCAST UDINUS, YANG MENAPAKI KARIR DI 5 MEDIA NASIONAL DI INDONESIA

Berbekal dengan kebiasaan untuk riset, disiplin, fokus rasa ingin tahu yang tinggi serta detail yang mumpuni, bawa Tri Ningsih Purwito untuk terus melangkah maju dalam karirnya. Alumni Program Studi D3 Broadcasting Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang telah malang melintang  di bidang digital strategis sekitar 7 tahun lamanya.

 

Tepatnya di akhir tahun 2015, berkat keuletannya, perempuan yang akrab disapa Nina tersebut, dihadapkan dengan dua tawaran pekerjaan. Sebagai asisten produser di dua televisi berita nasional yaitu CNN dan MNC atau sebagai seorang Digital Planner di Detik.com, salah satu industri digital terbesar di Indonesia. Dalam menentukan pilihan, ia memiliki berbagai pertimbangan, pertimbangan yang paling utama yakni mengenai masa depan dari media itu sendiri.

“Akhirnya saya memutuskan untuk melanjutkan karir sebagai Digital Planner di Detik di tahun 2016, meski sempat menemui banyak kendala karena harus mempelajari bidang ini dari awal. Terlebih lagi karena basic saya awalnya di broadcasting sebagai pembuat konten dan reporter,” jelasnya

 

Sebagai seorang Digital Planner, alumni kelahiran 20 Maret 1990 ini harus fokus pada kebutuhan advertiser dan bisnis. Selain berkarir di media tersebut, ia sempat berkarier di beberapa media ternama di Indonesia. Antara lain sebagai Senior Digital Strategist di Kumparan serta sebagai Section Head Digital Strategist di Tempo.com.

 

Berkat kegigihan dan bekal yang dimilikinya, ia terus mendapatkan kepercayaan untuk meningkatkan level dalam karirnya. Selain itu, kemampuannya mengembangkan ilmu yang didapatkan semasa kuliah dan kemampuan lebih dalam mengelola media, ia mendapatkan berbagai tawaran-tawaran yang menggiurkan dari berbagai media di Indonesia di tahun awal tahun 2021 ini .

 

“Saat ini saya berkarir sebagai Campaign Strategist Lead di media Narasi, tugas saya untuk membantu mengembangkan bisnis di media tersebut dengan membangun sebuah ide campaign yang dapat membantu kebutuhan campaign advertiser dengan tetap mempertimbangkan beberapa nilai dari media ini,” ungkap dara pemilik akun instagram @missn20 tersebut.

 

Sebelum menjadi seorang yang ahli dalam dunia media seperti sekarang ini, alumni lulusan tahun 2011 tersebut mencari peruntungan dengan mengikuti tes Media Development Program (MDP) yang diadakan oleh NET TV di tahun 2013 silam. Pada saat itu  NET TV masih di bawah bimbingan Wishnutama. Di antara puluhan ribu pendaftar, ia berhasil masuk menjadi 150 karyawan pertama NET TV yang lolos untuk bekerja di bawah bimbingan langsung Wishnutama.

 

“Hanya sekitar 1,5 tahun saja saya menimba ilmu di NET TV dan pada tahun 2014 saya mencoba mencari ilmu ke media lain. Hal itu saya lakukan untuk meningkatkan skill dan ilmu-ilmu seputar dunia media,” paparnya

 

Dalam kurun waktu kuliah 4 tahun di mulai pada 2008 hingga 2011 silam, Nina  mampu mendapatkan ilmu yang berguna untuk dunia kerja saat berkuliah di D-3 Studi D3 Broadcasting Udinus. Selain itu, ia memang tertarik dengan dunia menulis dan jurnalistik. Selama masih menjadi mahasiswa ia pun sempat mendapatkan pengalaman di TVKU, stasiun TV milik kampus Udinus. Disana ia mulai mempraktekkan semua teori yang didapatkan selama berkuliah.

 

“Selain mampu mendapatkan platform untuk memperoleh pengalaman, di Udinus saya mampu menempuh pendidikan dengan baik. Dengan dipenuhi dengan dosen yang ahli di bidangnya, studio dan lab yang lengkap beserta atmosfernya yang baik memberikan kesempatan pada mahasiswa untuk terus berkembang,” tutupnya. (*Humas Udinus/Haris. Foto: Dok. Pribadi

 


Career Collaboration Dinus Tour Sitemap TVKU E-Gamelan E-Prints Repository Publication Dinustek Kulino CFLT ILCS Guest Book KPM Kemahasiswaan

Universitas Dian Nuswantoro

Main Campus : 207 Imam Bonjol Street || (+6224) 3517261
Other Campus : 5-11 Nakula I Street || (+6224) 3520165
Fax. (+6224) 3569684 || Semarang 50131 Indonesia
Contact us


UNIVERSITAS DIAN NUSWANTORO SEMARANG || Copyright © 2015 - 2020 PSI UDINUS All right Reserved (App-24)