Semarang – Delapan atlet Karate Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) sukses mengharumkan nama almamaternya saat mengikuti kejuaraan nasional. Ajang Open Karate Championship Yogyakarta State University (YSU) Cup IX 2024 itu berlangsung pada 12-15 Juli 2024 kemarin.

Mereka merupakan mahasiswa dari beberapa jurusan yang tergabung dalam Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Karate Udinus. Perlombaan tersebut berlangsung di Gelanggang Olahraga (GOR) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). 

Kepala Biro Kemahasiswaan (Bima) Udinus, Dr. Rindra Yusianto, M.T., menyampaikan bahwa para atlet bersaing dengan 43 kontingen perguruan tinggi dan komunitas karate. Lewat atlet yang dikirimkan, mereka berhasil membawa pulang 3 medali emas, 2 medali perak, dan juga 3 medali perunggu. 

“Ini merupakan capaian yang luar biasa untuk atlet kami, mampu eksis bersaing dengan perguruan tinggi dan komunitas karate lainnya. Mereka semua yang berhasil di tingkat nasional akan kami berikan beasiswa pendidikan sebagai suntikan semangat,” ujarnya.

Atlet yang bertanding terbagi menjadi dua kelas yaitu Umum dan Festival. Pada kategori umum, medali emas diraih oleh mahasiswa Program Sarjana Ilmu Komunikasi Gabriella Arvita Kusuma Ayu, dan mahasiswa Program Sarjana Kesehatan Lingkungan ⁠Renditya Hikmal Aryantara. 

Selanjutnya masih di kategori yang sama, medali perak diraih oleh mahasiswa Program Sarjana Ilmu Komunikasi Aurel Narendra Ichsan. Medali perunggu diraih oleh dua mahasiswa Program Sarjana Manajemen Alan Zidnil Chaqim dan Ravi Firman Dwirahma, serta mahasiswa Program Sarjana Teknik Industri ⁠Wulan Pebrianti. 

Sementara itu di Kategori Festival, medali emas diraih oleh mahasiswa Program Sarjana Teknik Informatika Noor Adekah Apriyana. Medali perak diraih oleh mahasiswa Program Sarjana Manajemen Udinus Zulfikar Ardi Al Fatah.

“Harapannya prestasi terbaru dari atlet Karate Udinus ini bisa ikut memotivasi atlet lainnya. Sehingga Udinus terus dikenal dengan prestasinya di kancah nasional maupun internasional,” tutup Rindra.