SATU LAGI DOKTOR DENGAN PREDIKAT CUMLAUDE DIMILIKI UDINUS


SATU LAGI DOKTOR DENGAN PREDIKAT CUMLAUDE DIMILIKI UDINUS

Tahun 2016 ini memang saatnya Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) memanen para doktor baru yang akan memperkuat jajaran pengajar di universitas IT terkemuka ini. Belum lama ini satu lagi dosen yang berhasil menyelesaikan jenjang doktoral dengan prestasi yang sangat mengagumkan. Dengan predikat cumlaude, Dr Guruh Fajar Shidik S.Kom M.Cs baru saja menyelesaikan desertasinya yang diberi judul “Metode Seleksi Mesin Virtual di dalam Dynamic Virtual Machine (VM) Consolidation untuk Efisiensi Energi pada Cloud Data Center.”

 

Desertasinya menyoroti makin banyaknya penggunaan Cloud Data Center di era teknologi saat ini, dimana perusahaan IT terkemuka seperti Google dan Amazon mulai berlomba-lomba untuk menekan konsumsi energi yang digunakan oleh server-server dalam menjalankan servis aplikasi cloud mereka. Sejak era yang baru, media penyimpanan digital kini menjadi sesuatu yang wajib dimiliki setiap orang yang selalu bersinggungan dengan penggunaan data, terutama data bersama. Pada tahun 2000an, komputasi awan atau yang familiar disebut cloud computing menjadi pilihan popular. Dengan cloud storage (penyimpanan menggunakan teknologi cloud) ini, selain data yang kita simpan terjaga keamanannya, pengguna juga tidak perlu kawatir jika perangkat keras seperti hardisk internal di dalam kompUter maupun eksternal yang dapat dibawa kemana-mana tersebut error/rusak. Penggunanya dapat menyimpan dengan aman dan dapat mengambilnya kapan saja melalui cloud storage. “Penggunaan cloud storage ini mempengaruhi kapasitas cloud data server, dan penyimpanan secara besar-besaran ini selain menyebabkan pemborosan konsumsi energi listrik, juga berdampak pada peningkatan panas yang berefek pada peningkatan gas CO2,” papar Guruh.

 

Guruh Fajar Shidik ini dinobatkan sebagai Doktor yang lulus dengan predikat cumlaude, setelah berhasil menyelesaikan desertasinya selama 3 tahun 8 hari. Dan hanya diwajibkan melalui sidang tertutup saja, tanpa harus mengikuti sidang terbuka S3 Ilmu Komputer Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Gajah Mada Yogyakarta. “Desertasi saya ini memberikan alternatif dalam efisiensi penggunaan energi listrik Cloud Data Center, sehingga dapat mengurangi gas Co2 sesuai dengan konsep Green Technology,” tambah Guruh.

Di kesempatan yang berbeda, Rektor Udinus Dr Ir Edi Noersasongko MKom menegaskan, akan makin banyak lagi doktor-doktor yang akan memperkuat kampus biru ini. “Semakin berkualitas para pengajar kami, seperti Dr. Guruh Fajar yang merupakan doktor yang ke-35 di Udinus ini, diharapkan masyarakat semakin mempercayai Udinus sebagai pilihan utama untuk kampus IT di Jawa Tengah maupun nasional,” tandas Edi. (*humas)

 

 

CUMLAUDE : Dr. Guruh Fajar Shidik, S.Kom, M.Cs (kedua dari kanan) salah satu Doktor Udinus yang meraih predikat cumlaude dari S3 Ilmu Komputer Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Gajah Mada Yogyakarta berfoto bersama sesaat setelah sidang tertutupnya beberapa waktu yang lalu. Foto: Dok Humas.


Gallery Career Collaboration Dinus Tour Sitemap TVKU E-Gamelan E-Prints Repository Publication Dinustek Kulino CFLT ILCS Guest Book

Universitas Dian Nuswantoro

Main Campus : 207 Imam Bonjol Street || (+6224) 3517261
Other Campus : 5-11 Nakula I Street || (+6224) 3520165
Fax. (+6224) 3569684 || Semarang 50131 Indonesia
Contact us


UNIVERSITAS DIAN NUSWANTORO SEMARANG || Copyright © 2015 - 2020 PSI UDINUS All right Reserved (App-2)