Optimalkan Masa Kuliah, Dua Wisudawan Raih IPK Sempurna di Wisuda Ke-80 Universitas Dian Nuswantoro

[Sassy_Social_Share]

Optimalkan Masa Kuliah, Dua Wisudawan Raih IPK Sempurna di Wisuda Ke-80 Universitas Dian Nuswantoro

[Sassy_Social_Share]

Usaha tak pernah menghianati hasil merupakan pepatah yang nyata terjadi dalam hidup dari dua wisudawan Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Dianna Yanuaresta dan Roberto Tampubolon. Bagaimana tidak, kedua mahasiswa yang akrab dipanggil Dianna dan Roberto dinobatkan sebagai lulusan terbaik dan mampu meraih IPK sempurna yakni 4.0.

Dua mahasiswa tersebut berasal dari dua jenjang yang berbeda. Dianna Yanuaresta berasal dari Program Sarjana Sistem Informasi Udinus. Bahkan ia berhasil menyelesaikan studinya secara cepat dengan membutuhkan waktu 3,5 tahun saja. Sedangkan Roberto Tampubolon berasal dari Program Magister Teknik Informatika menyelesaikan studinya selama 1,5 tahun.

Raihan IPK sempurna itu juga dibarengi dengan keaktifan berorganisasi seperti yang dilakukan oleh Dianna Yanuaresta. Alumni dari Prodi Sarjana SI itu, juga aktif dalam organisasi Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi (HM SISFO) Udinus. Di Ormawa itu, Dianna terlibat dalam PPK Ormawa menjadi tim developer aplikasi ‘Sikecik’ untuk mengatasi permasalahan sampah. Selama duduk dibangku kuliah, Dianna juga sempat terlibat project penelitian bersama dosen dan mulai kariernya sebagai freelancer untuk mengerjakan paid project.

Dalam wawancaranya Dianna mengungkapkan bahwa ia bangga mampu meraih IPK sempurna di wisuda kali ini. Ia pun memberikan tips dan trik agar mampu meraih IPK sempurna dua diantaranya mengoptimalkan SKS kuliah dan memanajemen waktu dengan baik.

“Selama kuliah saya lebih  meminimalisir waktu santai dan perbanyak kegiatan produktif seperti kegiatan organisasi di dalam maupun luar kampus. Dengan begitu saya mendapatkan banyak pengalaman untuk bekal masa depan,” jelasnya.

Tak kalah hebatnya, Roberto Tampubolon juga berhasil meraih IPK 4.0. Wisudawan dari jenjang Program Magister Teknik Informatika itu mengaku bangga mampu meraih IPK tersebut. Saat ini ia telah bekerja di salah satu rumah sakit swasta di Semarang pada bagian IT. Kesibukannya dalam bekerja itu, tak menghalanginya untuk terus bekerja keras menyelesaikan studinya.

“Luar biasa saya bisa menempuh pendidikan Magister di Udinus. Saya menikmati setiap mata kuliah yang saya ambil dan berdiskusi dengan para dosen Udinus,” ungkapnya.

Ajak Berkontribusi Lebih untuk Indonesia

Pada wisuda ke 80 Udinus kali ini, 1.221 wisudawan telah diwisuda selama kurun waktu 3 hari pada 24-25 April dan 2 Mei 2024.  Dengan rincian pada hari pertama mewisuda 409 wisudawan, hari kedua 423 wisudawan dan hari ketiga 389 wisudawan. Angka wisudawan tersebut berasal dari 21 Program Studi yang terdiri dari 1 Program Doktoral, 2 Program Magister, 13 Program Sarjana, 2 Program Sarjana Terapan, dan 3 Program Diploma. Kegiatan sakral itu, diadakan di ruang Poncowati, Patra Semarang Hotel & Convention.

Ribuan wisudawan dari berbagai jenjang dan diwisuda pada awal tahun 2024 ini, dilantik langsung oleh Rektor Udinus, Prof. Dr. Ir. Edi Noersasongko, M.Kom. Selepas melantik, Rektor mengajak para wisudawan  untuk mampu memberi kontribusi bagi kemajuan bangsa Indonesia.

Kontribusi tersebut sesuai dengan bidang ilmunya masing-masing. Adanya dua mahasiswa dari Program Sarjana dan Program Magister yang meraih IPK 4.0, Prof. Edi merasa surprise, terkejut dan tentunya bangga atas capaian tersebut.

“Saya tegaskan untuk para wisudawan jangan lelah belajar dan terus meningkatkan ilmu. IPK sempurna yang diraih dua wisudawan itu sungguh luar biasa,” tegas Rektor Udinus. (Humas Udinus/Alex. Foto: Humas Udinus)