Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) resmi menjalin kerja sama dengan National Taipei University of Nursing and Health Sciences (NTUNHS). Kerja sama dengan Fakultas Kesehatan (FKes) Udinus itu ditandai dengan penandatanganan memorandum of understanding (MoU) antara kedua belah pihak.

Pada prosesi penandatanganan kali ini, Rektor Udinus, Prof. Dr. Ir. Edi Noersongko, M.Kom., secara seremoni diwakili oleh Wakil Rektor IV Bidang Penelitian dan Kerjasama Udinus, Prof. Dr. Pulung Nurtantio Andono, S.T., M.Kom. Sementara itu dari pihak NTUNHS, tanda tangan diberikan langsung oleh President of NTUNHS, Prof. Wu Shu Fang. Penandatanganan berlangsung dengan lancar di Ruang Rapat gedung H lantai 1 Udinus pada Rabu (24/04/2024).

Proses tersebut juga didampingi oleh saksi dari kedua pihak. Serta disaksikan oleh Wakil Rektor I Bidang Akademik Udinus, Prof. Dr. Supriadi Rustad, M.Si., Dekan FKes Udinus, Kepala Biro Kerjasama Dan Urusan International Udinus, Dr. Ir. Dwi Eko Waluyo, M.M., Enny Rachmani SKM., M.Kom., Ph.D., serta civitas academica di lingkup FKes Udinus.

PENANDATANGANAN: Perwakilan Udinus dan NTUNHS saat melakukan ceremony penandatanganan MoU

Dalam sambutannya, Wakil Rektor IV Bidang Penelitian dan Kerjasama Udinus, Prof. Pulung merasa terhormat dapat menjalin kerja sama langsung dengan perguruan tinggi dari Taiwan. Kolaborasi yang akan dilakukan seperti penelitian dan publikasi persama, pertukaran mahasiswa FKes, hingga menjalankan program double degree.

“Lewat kerja sama ini kami berharap dosen maupun mahasiswa mampu mendapatkan perspektif baru bertaraf internasional khususnya di lingkup FKes. Karena sesuai dengan tujuan Udinus yaitu menjadi world class university,” ujarnya.

Lebih lanjut, Dekan FKes Udinus, Enny Rachmani menjelaskan bahwa kerja sama akan mencakup para Program Sarjana dan Magister. Melalui kerja sama ini membuka kesempatan bagus bagi mahasiswa diploma untuk melanjutkan pendidikan ke taraf sarjana. Begitu juga untuk program sarjana yang ingin lanjut ke pascasarjana.

“Kolaborasi ini akan kami manfaatkan sebaik mungkin, kolaborasi Tri Dharma Pendidikan tentu menjadi poin penting bagi para dosen dalam meningkatkan kualitas pembelajaran serta penelitian. Kami ingin agar lulusan FKes Udinus dapat bersaing hingga ke kancah internasional,” imbuhnya.

Wawasan Baru

Usai seremoni penandatanganan, NTUNHS berkesempatan untuk memberikan pemaparan terkait program yang akan dijalankan kedua pihak. Pemaparan itu disampaikan oleh Head of Department of Exercise and Health Science, Professor Lin Yin Yuan serta Director of Smart Healthcare Interdisciplinary College, Professor Lin Li Ju.

Sementara itu, President of NTUNHS, Prof. Wu Shu Fang menyampaikan bahwa pihaknya merasa beruntung dapat bekerja sama dengan perguruan tinggi di Indonesia seperti Udinus. Harapannya kolaborasi bisa segera dilakukan untuk melakukan pertukaran pelajar, dan penawaran beasiswa bagi mahasiswa.

“Kami sangat senang bisa menerima mahasiswa dari Indonesia khususnya Udinus untuk membuka wawasan baru. Harapannya kerja sama ini dapat bekerja dengan semaksimal mungkin dan memberikan manfaat untuk kedua pihak,” tutupnya. (Humas Udinus/Haris. Foto: Humas Udinus)