Masih dari gelaran Dinusfest 2017, Korps Sukarela (KSR) Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) mencoba memberikan lomba yang menantang bagi para anggota Palang Merah Remaja (PMR) di Jawa Tengah. Ada 14 tim dari 8 pangkalan seluruh SMA/se-derajat dengan 42 peserta yang ikut serta dalam Dinus First Aid Competition.

 

Lomba yang berjenis Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K) ini mengharuskan 1 tim yang mewakili setiap pangkalan berisikan 3 orang. Durasi yang diberikan dalam ruangan lomba untuk setiap tim nya adalah 25 menit. Pada 15 menit pertama, mereka akan diberikan kasus, untuk kemudian diidentifikasi penanganannya. 10 menit selanjutnya adalah untuk  memberikan penanganan pertolongan pertama pada korban tersebut, serta memasukan barang-barang kembali ke tas P3K.

 

“Peserta yang berasal dari berbagai kota ini akan memasuki kelas karantina selama 1 jam sebelum lomba dimulai. Kemudian akan masuk ruangan lomba sesuai nomor undian,”  papar Aliya Yasmin, Ketua Panitia Dinus First Aid Competition.

Selama 25 menit tersebut, akan diamati sekaligus dinilai oleh 2 juri yang didatangkan langsung dari Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Semarang, Suyono dan Danang. Ketepatan pemilihan tindakan, kecepatan, prosedur pertolongan, dan ketelitian menjadi beberapa poin yang akan dinilai dewan juri.
Pengumuman pemenang lomba akan dipusatkan menjelang penutupan Dinusfest, esok (26/1) di panggung utama lapangan parkir gedung D Udinus. (*humas)

 

 

PERTOLONGAN PERTAMA : Dinus First Aid Competition ini berhasil menyedot 42 peserta dari berbagai SMA/se-derajat di Jawa Tengah. Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan dijadikan jenis lomba yang digelar pada Dinusfest 2017. Foto : Nining Sekar.