UDINUS – UTEM SEGERA REALISASIKAN FAST TRACK


UDINUS – UTEM SEGERA REALISASIKAN FAST TRACK

Setelah menjalin sekian banyak kerjasama dengan berbagai universitas di luar negeri, Universitas Dian Nuswantoro (udius) juga ingin meningkatkan berbagai jenis kerjasama yang telah terjalin. Seperti yang dilakukan pada hari ini (30/1), di ruang sidang Rektorat Udinus gedung G Lantai 1, ditandantangani Memorandum of Agreement (MOA) antara Udinus dengan Universiti Teknikal Malaysia Melaka (UTEM).

 

Kerjasama yang selama ini terjalin antara kedua belah pihak adalah Student Mobility (pertukaran pelajar) dan Joint Degree untuk S2 Ilmu Komputer, dan telah terjalin sejak tahun 2008 lalu.

MOA ini  ditandatangi oleh Rektor Udinus Prof Dr Ir Edi Noersasongko, M.Kom dan Dekan Fakultas Teknologi Maklumat dan Komunikasi UTEM Prof Dr Burairah bin Hussin, didampingi oleh Prof Dr Nanna Suryana selaku Direktur Center of Excellent UTEM yang juga merupakan visiting professor di Udinus.

 

“Kerjasama yang sudah berlangsung berlangsung hampir 10 tahun ini, kami harap tidak hanya untuk student mobility maupun joint degree saja. Tapi juga menambah kerjasama fast track dan joint research, yang akan segera direalisasikan. Suatu pencapaian kami adalah ketika banyak alumni UTEM yang kembali ke Udinus, membesarkan kampusnya,  dan saling berbagi budaya antara Inndonesia dan Malaysia,” ungkap Burairah.

 

Dalam perjanjian ini disepakati program Fast Track, dimana mahasiswa dapat mengambil kuliah 3 tahun untuk jenjang S1, saat memasuki semester ke 7 tahun ke-4 sudah pindah ke UTEM untuk menyelesaikan skripsinya. Skripsi tersebut akan diujikan di Udinus bersama UTEM, jika dinyatakan lulus akan mendapatkan 2 ijazah S1, yaitu  dari Udinus dan UTEM. Selanjutnya, secara otomatis mahasiswa tersebut akan pindah ke UTEM selama 1,5 tahun untuk mengikuti program S2 disana. Sehingga dengan pola 3+2 tahun, mahasiswa Udinus sudah mendapatkan gelar S1 dan S2 dari Udinus dan UTEM.

 

“Sejak kerjasama ini mendapat ijin dari Kementrian Malaysia, dan telah ditandatanganinya MOA antara Udinus dan UTEM, kami akan segera mengirimkan 5-10 mahasiswa terutama dari Kelas Internasional maupun yang telah mengikuti seleksi, untuk mengikuti program Fast Track ini,” papar Dr. Abdul Syukur selaku Dekan Fakultas Ilmu Komputer (FIK) Udinus.

Untuk sementara ini, program Fast Track akan dilaksanakan untuk mahasiswa Teknik Informatika dan Sistem Informasi di FIK Udinus. Namun tidak menutup kemungkinan akan dibuka kerjasama dengan 4 fakultas lainnya di Udinus. (*humas)

 

 

 

MEMORANDUM OF AGREEMENT : Rektor Udinus Prof Dr Ir Edi Noersasongko M.Kom (dua dari kanan) menunjukkan MOA yang telah ditandatangani bersama Dekan Fakultas Teknologi Maklumat dan Komunikasi UTEM Prof Dr Burairah bin Hussin (dua dari kiri), yang didampingi oleh Wakil Rektor IV Bidang Riset dan Kerjasama Udinus Dr. Pulung Nurtantio Andono, ST M.Kom (kanan) dan Prof Dr Nanna Suryana selaku Direktur Center of Excellent UTEM (kiri). Foto : Nining Sekar 


Gallery Career Collaboration Dinus Tour Sitemap TVKU E-Gamelan E-Prints Repository Publication Dinustek Kulino CFLT ILCS Guest Book

Dian Nuswantoro University

Main Campus : 207 Imam Bonjol Street || (+6224) 3517261
Other Campus : 5-11 Nakula I Street || (+6224) 3520165
Fax. (+6224) 3569684 || Semarang 50131 Indonesia
Contact us


DIAN NUSWANTORO UNIVERSITY SEMARANG || Copyright © 2015 - 2020 PSI UDINUS All right Reserved (App-24)