Membaca peluang dalam tantangan global terkini, Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) sukses menggelar Seminar Nasional Teknik Informatika (Semnasti) di Aula Gedung E lantai 3 Udinus.

Seminar nasional yang diselenggarakan pada Sabtu (18/2) lalu, berhasil menggaet 312 peserta dari kalangan mahasiswa dan umum. Mengangkat tema “Rise Your Imagination With Augmented Reality and Virtual Reality Technology” HMTI bermaksud menggali lebih dalam mengenai dunia AR dan VR. “Tema ini kita angkat setelah mengamati teknologi apa yang sedang booming saat ini” jelas Dwi Indrawati salah satu panitia Semnasti.

Senja Lazuardy, Head of IT di AR & Co), mengulas pengetahuan dasar mengenai Augmented Reality (AR). Sedangkan Ahmad Reza Rizkiyuda, Public Relation Octagon Studio, memaparkan materi tentang Virtual Reality atau lebih dikenal dengan sebutan VR. AR dan VR bukan hal asing bagi mereka yang berkecimpung di bidang Teknik Informatika. AR adalah teknologi yang menggabungkan benda maya dua dimensi maupun tiga dimensi ke dalam lingkungan nyata tiga dimensi kemudian memproyeksikan benda maya tersebut di waktu yang nyata, sedangkan VR merupakan teknologi yang membuat pengguna dapat berinteraksi dengan lingkungan yang disimulasikan oleh komputer. Dalam keseharian AR dan VR dimanfaatkan di berbagai bidang seperti manufaktur, hiburan, kesehatan dan pendidikan. Di bidang kesehatan teknologi AR digunakan untuk CT scan atau MRI, di bidang pendidikan VR dapat difungsikan sebagai simulator praktik operasi dokter atau belajar mengoperasikan mesin pesawat.

Reza mengatakan jika tahun 2016 lalu, Mark Zuckerberg pendiri Facebook memprediksi tahun tersebut adalah tahun VR . “Dalam bidang teknologi yang saat ini terus berkembang pesat, kita telah dapat merasakan manfaat dari teknologi Augmented dan Virtual Reality,” jelasnya. (*humas)