EKONOMI SYARIAH UDINUS PERKUAT KERJASAMA DENGAN STAKEHOLDER


EKONOMI SYARIAH UDINUS PERKUAT KERJASAMA DENGAN STAKEHOLDER

Melihat peluang makin pesatnya perbankan syariah, menjadikan peluang institusi pendidikan untuk membuka program studi yang mempelajarinya lebih dalam. Memahami keinginan pasar, sejak didirikan pada Januari 2016 lalu, Program Studi (Prodi) Ekonomi Syariah dibawah naungan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Dian Nuswantoro (Udinus), telah mendidik sebanyak 17 mahasiswa.

Ekonomi Syariah Udinus menawarkan dua konsentrasi untuk mahasiswa yaitu Perbankan syariah dan Keuangan Publik Syariah. “Prodi kami lebih fokus dalam bidang ekonomi yang Islami (ekonomi syariah). Jadi lebih mendalami bagaimana ekonomi dalam Islam itu sendiri.  Sedangkan jika universitas lain, lebih ke studi Islam-nya,” tutur Dr. Sih Darmi Astuti M.Si selaku Kepala Program Studi Ekonomi Syariah FEB Udinus.

 

Ekonomi Syariah terus tingkatkan mutu, dari pengajar dan fasilitas yang diberikan untuk mahasiswa. “Terdapat 2 dosen yang sedang menyelesaikan sekolah program S3 dan mahasiswapun aktif mengikuti berbagai perlombaan yang diselenggarakan diberbagai universitas dan berbagai kota,” paparnya.

 Tidak hanya itu, Ekonomi Syariah juga menambah pengetahuan mahasiswanya dengan mengadakan kuliah umum yang diisi oleh praktisi.  Salah satunya adalah Abdul Ghofur dari UIN Walisongo, yang salah satu materinya yaitu “Perspektif Ekonomi Syariah dari Teori ke Praktek.”

 

Tidak hanya itu Ekonomi Syariah Udinus juga sedang dalam proses pembuatan laboratorium berupa Bank Mini. Lab Bank Mini akan dibuat di gedung C lantai 2, yang bekerjasama dengan Bank Rakyat Indonesia Syariah (BRIS) Pusat. Kerjasama ini diharapkan mampu meningkatkan kualitas mahasiswa, tidak hanya melalui teori yang diajarkan, akan tetapi langsung pada paktek di laboratorium Bank Mini. Dimana mahasiswa akan mendapatkan software dan modul.

Untuk peluang kerja saat lulus nanti, berbagai peluang kerja juga dapat dijelajahi oleh para lulusannya. Contohnya menjadi praktisi diberbagai lembaga keuangan dan/atau bisnis syariah, konsultan dan peneliti dibidang keuangan dan/atau bisnis syariah, enterpreneur, dan dalam bidang akademis di lembaga pendidikan. “Optimisme kami mendorong untuk dapat menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi dan berguna bagi masyarakat luas,” tutup Sih Darmi. (*humas)

 

 

JALIN KERJASAMA : Prodi Ekonomi Syariah Udinus menjalin kerjasama dengan BRIS Pusat beberapa waktu lalu agar bisa meningkatkan kualitas mahasiswanya. Foto : Nining Sekar.


Gallery Career Collaboration Dinus Tour Sitemap TVKU E-Gamelan E-Prints Repository Publication Dinustek Kulino CFLT ILCS Guest Book

Universitas Dian Nuswantoro

Main Campus : 207 Imam Bonjol Street || (+6224) 3517261
Other Campus : 5-11 Nakula I Street || (+6224) 3520165
Fax. (+6224) 3569684 || Semarang 50131 Indonesia
Contact us


UNIVERSITAS DIAN NUSWANTORO SEMARANG || Copyright © 2015 - 2020 PSI UDINUS All right Reserved (App-2)