Untuk melahirkan pemimpin-pemimpin yang kompeten dan mampu beradaptasi di era yang terus berkembang ini, Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Mahasiswa (BEM KM) Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) selenggarakan Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa Tingkat Menengah (LKMM-TM) 2023. Kegiatan itu berlangsung pada Senin, 20 Maret 2023 bertempat di gedung E lantai 3 Udinus Semarang.

Pelatihan itu merupakan program lanjutan dari LKMM-Tingkat Dasar yang sebelumnya juga telah dilaksanakan oleh BEM KM Udinus. Kegiatan yang merupakan agenda tahunan itu, pada tahun ini mengusung tema ‘Creating Leaders That are Relevant to The Current Era’.

Menghadirkan pembicara-pembicara kompeten yang turut membagikan wawasannya kepada para peserta. Kegiatan dibuka dengan sambutan Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan, Dr. Kusni Ingsih, M.M. Selain membuka acara, beliau juga menyampaikan materi pertama yang menceritakan seputar mahasiswa Udinus dan juga tim kemahasiswaan dibaliknya.

“Anda adalah apa yang Anda yakini. Ketika Anda meyakini, kepercayaan diri dan potensi Anda akan muncul dan berkembang.”

“Mahasiswa harus bisa menemukan jati diri mereka, untuk menambah kepercayaan diri dan menumbuhkan potensi untuk berkembang. Sebagai bidang kemahasiswaan, kami bertugas untuk menuntun mahasiswa agar menemukan jati diri yang tepat untuk kemajuan bangsa,” ujarnya.

Kemudian, Letkol Infanteri Sutan Pandapotan Siregar, S.I.P., sebagai pembicara kedua membawakan materi seputar wawasan kebangsaan. Dalam penyampaiannya, beliau berpesan kepada mahasiswa untuk menjadi mahasiswa yang bermoral dan bermartabat, mengingat mahasiswa adalah agent of change.

“Teruslah belajar, laksanakan tanggung jawab kalian sebagai seorang mahasiswa. Manfaatkan berbagai ilmu yang didapatkan di kampus, termasuk dalam hal berorganisasi. Karena hal itu akan sangat penting ketika akan terjun ke masyarakat di masa yang akan datang” pesannya.

Selain itu, materi lain seputar inovasi organisasi juga turut disampaikan oleh AKP Yulianto, S.H, M.H. Kemudian Kepala Biro Kemahasiswaan Udinus, Dr. Rindra Yusianto S.Kom M.T., juga turut hadir menyampaikan materi tentang hospitality dan kemahasiswaan.

Meskipun menjadi program tahunan, pelaksanaan kegiatan LKMM-TM antara tahun ini dengan tahun kemarin terdapat beberapa perubahan. Baik dari segi tema, materi, maupun teknisnya. Hal itu diungkapkan oleh Oktaviana Nur Wulansari selaku ketua pelaksana LKMM-TM 2023.

“Di tahun ini kegiatan hanya dilakukan selama satu hari saja dari pagi sampai sore dan secara offline. Sedangkan tahun lalu agendanya berlangsung dua hari. Harapannya dengan memperpadat agenda peserta tidak akan jenuh dan semua materi dapat terserap dengan baik,” tambahnya.

Ia juga menjelaskan bahwa kegiatan tersebut diikuti oleh 147 delegasi ormawa dan UKM Udinus yang nantinya akan menjadi calon pemimpin pada periode selanjutnya. Peserta mengikuti kegiatan dengan antusias dilihat berdasarkan keaktifan ketika sesi diskusi dan tanya jawab. Selain materi, juga ada Forum Grup Diskusi yang harus dilakukan oleh peserta.

“Semoga dengan terselenggaranya LKMM-TM 2023 akan lahir pemimpin-pemimpin yang hebat dan kompeten,” tutup Oktaviana. (Humas Udinus/Ika. Foto: Humas Udinus)

Open chat
Hallo👋
Ada yang bisa saya bantu?
%d blogger menyukai ini: