Rapat dalam rangka pembentukan Lembaga Akreditasi Mandiri Informasi dan Komputer (LAM Infokom) diselenggarakan di Gedung H-1 Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang. Kegiatan tersebut merupakan bentuk support Udinus untuk pembentukan lembaga akreditasi yang bergerak dalam program studi informatika dan komputer.
 
 
 
Lembaga tersebut merupakan bentuk inisiasi dari 4 organisasi yakni Asosiasi Perguruan Tinggi Informatika dan Ilmu Komputer (Aptikom) , didukung oleh Indonesia Computer, Electronics and Instrumentation Support Society (Indoceiss), Ikatan Profesi Komputer Indonesia (IPKIN) dan Asosiasi Sistem Informasi Indonesia (ASII).
 
 
 
Ketua Pendiri LAM Infokom, Dr.Prihandoko, MIT mengatakan bahwa pembentukan  LAM Infokom nantinya dapat melakukan akreditasi bagi program studi informatika dan komputer yang ada di seluruh perguruan tinggi di Indonesia. Menurutnya pengajuan mendirikan lembaga tersebut telah diajukan kepada Kementerian Riset dan Teknologi Pendidikan Tinggi pada April lalu. “Target kami LAM Infokom bisa beroperasi tahun 2019, sambil menunggu proposal awal berjalan, kami sedang melengkapi dokumen-dokumen pendukung yang nanti akan dibutuhkan berjalannya organisasi LAM Infokom,” katanya pada Rabu,(30/5/2018)
 
 
 
Ia mengungkapkan bahwa, selama ini perguruan tinggi yang ada di pulau Jawa dan luar Jawa terdapat gap yang sangat jauh. Diharapkan dengan adanya LAM Infokom dapat meminimalisir bahkan menghilangkan gap tersebut. “Kami juga konsen terhadap gap yang terjadi di perguruan tinggi di Indonesia khususnya dibidang informasi dan komputer. Pengurangan gap itu bisa dikurangi dengan meningkatkan mutu pendidikan di luar Jawa,” ungkapnya.
 
Dengan berdirinya LAM Infokom nantinya, akan membantu perguruan tinggi dalam melakukan verifikasi dan borang yang sesuai dengan karakter di program studi Informasi dan komputer. Menurutnya penyusun borang akan berasal dari para ahli di bidang tersebut.
 
 
 
“Kami menyambut baik dan mendukung secara penuh adanya pembentukan LAM Infokom. Lembaga ini akan memudahkan prodi informasi dan komputer dalam menghasilkan borang yang lebih spesifik,” tutur Dekan Fakultas Ilmu Komputer Udinus, Dr. Drs. Abdul Syukur, M.M.
 
 
 
Hal tersebut diamini oleh Kahumas Udinus Agus Triyono, MSi, “Udinus akan mendukung segala hal yang dapat memajukan pendidikan serta perguruan tinggi, demi peningkatan kualitas generasi muda Indonesia,” tutupnya. (*Humas Udinus/lex/AT. Foto : dok)