DINUS VIRTUAL TOUR MEMUDAHKAN MASYARAKAT KETAHUI RUANG DI UDINUS


DINUS VIRTUAL TOUR MEMUDAHKAN MASYARAKAT KETAHUI RUANG DI UDINUS

Manfaatkan Artificial Intelligence (AI), tiga mahasiswa Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang membuat program Dinus Virtual Tour (DVT). Program terebut memudahkan masyarakat umum maupun mahasiswa untuk memudahkan pencarian ruangan dan mengetahui letak berbagai ruangan di Udinus.

 

Tiga mahasiswa yang mampu menciptakan program DVT yakni Al Birr Karim Susanto, Yumnanda Abid Saputra dan Munji Sirri Asrori. Dan ketiganya merupakan mahasiswa program Teknik Informatika S-1 Udinus. Ketiga mahasiswa tersebut langsung dibimbing oleh Ketua Program Studi TI S-1 Udinus, Dr. Muljono, S.Si, M.Kom.

 

Program DVT sendiri juga telah berpestasi ditingkat nasional dengan mampu menjuarai perlombaan Artificial Intelligence Kompetition di Jogjakarta pada tahun 2019 yang lalu. Program karya Udinus, berbasis website dan juga data digunakan di semua platform yang ada. Website ini juga mendukung teknologi Progressive Web Apps (PWA), dimana teknologi tersebut dapat diinstal seperti layaknya aplikasi native. Berbagai fitur melimpah juga terdapat pada DVT tersebut mulai dari AI tour Guide, mampu melihat ruangan secara 360 derajat, hingga memanfaatkan teknlogi Virtual reality (VR).

 

Dalam sesi wawancara, Developer program DVT Udinus, Al Birr Karim Susanto menjelaskan, program tersebut bertujuan untuk memberi kemudahan pada pengguna untuk mengetahui Udinus. Menurutnya, dalam proses pembuatannya ia membutuhkan waktu libur perkuliahan untuk mengambil berbagai ruangan yang ada di Udinus. Program DVT memiliki fitur yang setara bahkan jauh diatas program-program serupa. “Para Pengguna dapat menjelajah tempat-tempat di kampus Udinus tanpa halangan ruang dan waktu. Jadi hanya dirumah dan tentunya ada jaringan internet, pengguna yang tidak tahu mengenai ruang-ruang di Udinus dapat langsung mengetahuinya melalui aplikasi ini,” ujarnya saat menerangkan mengenai aplikasi Dinus Virtual Tour.

 

Dalam pembuatannya, ia bersama tim menggunakan berbagai teknologi yang ada yakni HTML 5, CSS, Laravel, node js progressive web apps hingga javascript. Selain memiliki banyak fitur yang bermanfaat, website yang menampilkan berbagai ruangan di Udinus, juga mempunyai kualitas dan performa yang bagus. “Dari tes yang kami lakukan di berbagai website pengecekan peforma, seperti di pengujian GT Metrix memiliki skor A dengan presentasi 94 persen. Semakin tinggi skor maka peforma website memiliki peforma yang baik,” ungkapnya.

 

Para pengguna yang ingin mencoba aplikasi Dinus Virtual Tour dan mencari lokasi ruangan di Udinus dapat mengakses di http://tour.dinus.ac.id.

Kaprogdi TI S-1 Udinus, Dr. Muljono, S.Si, M.Kom merasa bangga denagn dengan prestasi mahasiswa dari bimbingannya. Kerja keras bersama tim mampu menghasilkan juara dn bermanfaat bagi Udinus. Muljono bersama tim berencana akan terus mengembangkan dan akan terus menambah fitur terbaru.  “Kami akan tambah beberapa fitur dan tentunya akan terus user friendly sehingga dapat terus dimanfaatkan oleh masyarakat luas. Pengguna juga untuk mendapatkan informasi tentang Udinus dan juga bermanfaat bagi seluruh sivitas akademika untuk kedepannya,” harapnya. (*Humas Udinus/Alex. Foto : Alex Devanda)

 

 

 


Gallery Career Collaboration Dinus Tour Sitemap TVKU E-Gamelan E-Prints Repository Publication Dinustek Kulino CFLT ILCS Guest Book KPM

Universitas Dian Nuswantoro

Main Campus : 207 Imam Bonjol Street || (+6224) 3517261
Other Campus : 5-11 Nakula I Street || (+6224) 3520165
Fax. (+6224) 3569684 || Semarang 50131 Indonesia
Contact us


UNIVERSITAS DIAN NUSWANTORO SEMARANG || Copyright © 2015 - 2020 PSI UDINUS All right Reserved (App-103)