Universitas Dian Nuswantoro Semarang beraudiensi dengan Atase Pendidikan dan Kebudayaan (Atdikbud) Kedubes RI di Dili, Timor Leste. Audiensi tersebut sebagai langkah meningkatkan kerjasama antara Udinus dengan Atdikbud.

 

Pertemuan kedua institusi itu dilakukan melalui aplikasi zoom dan berlangsung kurang lebih satu jam. Kedua belah pihak saling bertukar informasi seputar dunia pendidikan di Indonesia maupun di Timor Leste. Udinus pun berencana memberikan beasiswa kepada masyarakat di negara tersebut.

 

Dalam pertemuan itu, Udinus diwakili oleh Rektor Udinus, Prof.Dr.Ir Edi Noersasongko,M.Kom, Wakil Rektor IV Bidang Riset dan Kerjasama, Dr. Pulung Nurtantio Andono S.T,M.Kom, Ka. Biro Kerjasama dan Urusan Internasional, Dr. Ir. Dwi Eko Waluyo,M.M. Hadir pula, Dekan Fakultas Teknik Udinus, Heru Agus Santoso, Ph.D dan Ka Prodi S-1 Teknik Biomedis Udinus, Dr. Aripin M.Kom. Sementara itu, Atdikbud Kedubes RI di Dili, Timor Leste, diwakili oleh Drs. Achmad Tavip Syah, M.Si.

 

Pada sambutannya, Rektor Udinus, Prof.Dr.Ir Edi Noersasongko, M.Kom mengatakan terdapat 16 ribu mahasiswa aktif di Udinus dan kini telah memiliki akreditasi A.  Kini, Udinus terus meningkatkan kualitasnya dan berencana untuk menuju akreditasi Unggul. Satu diantara syarat yang harus dipenuhi untuk akreditasi unggul yaitu harus memiliki mahasiswa asing yang cukup banyak.

 

“Kami menawarkan program beasiswa pendidikan bagi calon mahasiswa atau masyarakat yang berasal dari Timor Leste, namun kami tetap akan lakukan seleksi. Ini sebagai langkah kami untuk meningkatkan sektor pendidikan di Timor Leste,” tegasnya. 

 

Terkait pernyataan dari Rektor Udinus mengenai program beasiswa, Atdikbud Kedubes RI di Dili, Timor Leste, Drs. Achmad Tavip Syah, M.Si mengungkapkan bahwa tawaran mengenai program beasiswa dari Udinus untuk masyarakat Timor Leste, merupakan berita baik. Ia pun siap memfasilitasi terkait tes seleksi beasiswa tersebut nantinya. Menurutnya Udinus  dikenal dengan perguruan tinggi yang memiliki kualitas sangat baik. Baginya,  Akreditasi A yang dimiliki oleh Udinus merupakan prestasi yang membanggakan.

“Terkait detail teknis beasiswa dapat didiskusikan lebih lanjut. Saya menyambut baik tawaran dari Udinus mengenai beasiswa itu,” ucapnya dengan raut wajah senang. (Humas Udinus/Alex. Foto: Alex Devanda)