PROFESOR DARI TURKI BAGIKAN ILMU MANAJEMENNYA PADA MAHASISWA MANAJEMEN UDINUS


PROFESOR DARI TURKI BAGIKAN ILMU MANAJEMENNYA PADA MAHASISWA MANAJEMEN UDINUS

Program studi (Prodi) S-1 Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang gelar Public Lecture yang dilaksanakan secara daring pada, Selasa, 28 September 2021. 
 
Kuliah umum tersebut mengusung tema ‘Human Resource Management: A Selection Strategy from Turkey’. Diikuti oleh kurang lebih 350 mahasiswa kelas internasional Prodi S-1 Manajemen, dan mahasiswa yang mengambil mata kuliah Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM). 
 
Acara dimulai dengan sambutan dari Prof. Dr. Amron SE, MM selaku Ketua Prodi S-1 Manajemen Udinus dan dibuka oleh oleh Prof. Vincent Didiek Wiet Aryanto MBA, Ph.D selaku Dekan FEB Udinus. Serta dihadiri oleh Sekretaris Dekan FEB Udinus, Dr. Mahmud SE, MM bersama dengan beberapa dosen FEB lainnya.
 
Kegiatan yang dilaksanakan dengan platform Zoom Meeting tersebut ditujukan agar para mahasiswa dapat mengetahui dan juga mempelajari proses rekrutmen tenaga kerja di Turki. Hal tersebut dibahas mendalam oleh   Prof. Dr. Aytekin Demircio?lu dari Kastamonu Üniversitesi, Philosophy Department, Turkey. Selain itu,  dimoderatori oleh Haunan Damar, S.ST., M.B.A selaku dosen Prodi S-1 Manajemen  Fakultas Ekonomi Bisnis Udinus.
 
Prof. Dr. Aytekin Demircio?lu dalam paparannya menyampaikan terkait proses rekrutmen yang dilakukan di negara Turki. Secara lengkap ia menjelaskan gambaran dari beberapa jenis tes yang seringkali digunakan di negara tersebut. Salah satunya yakni Eczac?ba?? Conceptual Skills Test yang merupakan salah satu langkah dalam proses mengevaluasi kemampuan calon pegawai. 
 
“Pada Eczac?ba?? Conceptual Skills Test ini memiliki tingkat kesulitan yang berbeda tergantung dari posisi apa yang akan diambil oleh calon pegawai. Hasil tes nantinya akan menjadi salah satu kriteria evaluasi yang dipertimbangan pada proses rekrutmen,” jelasnya.
 
Dalam pemaparan tersebut, Prof. Aytekin juga menampilkan beberapa contoh pertanyaan yang seringkali digunakan dalam tes rekrutmen. Secara interaktif mahasiswa juga diajak bersama-sama untuk menyelesaikan beberapa contoh soal yang diberikan.
 
“Beberapa jenis soal yang sering muncul antara lain pertanyaan yang menentukan simbol, menentukan pilihan yang tepat, menentukan deretan angka, lalu ada empat pertanyaan operasi serta ada pertanyaan flowchart,” tambahnya.
 
Sementara itu, Dekan FEB Udinus Prof. Vincent Didiek Wiet Aryanto MBA, Ph.D berharap agar kuliah umum tersebut dapat memberikan pengetahuan baru bagi mahasiswa Udinus. Khususnya terkait proses rekrutmen pegawai yang ada di luar negeri. Sebagai bekal bagi mahasiswa untuk mendalami ilmu manajemen.
 
“Kami akan selalu menghadirkan narasumber praktisi yang sudah ahli sesuai bidangnya, nantinya jika mahasiswa dapat menerapkan ilmunya ketika mengikuti open rekrutmen atau bahkan berkesempatan untuk menyelenggarakan proses rekrutmen,” tutupnya. (Humas Udinus/Haris. Foto: Dok. FEB)


Career Collaboration Dinus Tour Sitemap TVKU E-Gamelan E-Prints Repository Publication Dinustek Kulino CFLT ILCS Guest Book KPM Kemahasiswaan

Universitas Dian Nuswantoro

Main Campus : 207 Imam Bonjol Street || (+6224) 3517261
Other Campus : 5-11 Nakula I Street || (+6224) 3520165
Fax. (+6224) 3569684 || Semarang 50131 Indonesia
Contact us


UNIVERSITAS DIAN NUSWANTORO SEMARANG || Copyright © 2015 - 2020 PSI UDINUS All right Reserved (App-24)