LATIH MAHASISWA UNTUK PAHAM DAN MENGERTI MENGENAI ARTIKEL ILMIAH, PRODI S-1 TEKNIK BIOMEDIS GANDENG BRIN

[Sassy_Social_Share]

LATIH MAHASISWA UNTUK PAHAM DAN MENGERTI MENGENAI ARTIKEL ILMIAH, PRODI S-1 TEKNIK BIOMEDIS GANDENG BRIN

[Sassy_Social_Share]
Program Studi S-1 Teknik Biomedis Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang ajarkan dan latih penulisan jurnal ilmiah kepada para mahasiswanya. Kegiatan itu sebagai langkah memberikan ilmu dan sekaligus membedah mengenai artikel ilmiah. (Senin, 06 Juli 2022)
 
Kegiatan yang diadakan di ruang serbaguna gedung D lantai 1, diikuti ratusan mahasiswa. Materi mengenai artikel ilmiah diberikan oleh Talitha Asmaria, M.Sc., yang merupakan tim dari Pusat Riset Metalurgi Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN).
 
Turut hadir pula Dekan Fakultas Teknik Udinus, Heru Agus Santoso, Ph.D., dan juga Ketua Prodi S-1 Teknik Biomedis, Dr. Aripin, M.Kom. Mereka juga memberikan motivasi dan pentingnya menulis sebuah artikel ilmiah, kepada para mahasiswa yang hadir saat itu.
 
Kaprodi S-1 Teknik Biomedis, Dr. Aripin, M.Kom., menjelaskan bahwa dalam kegiatan workshop mengenai penulisan artikel ilmiah menggandeng BRIN, dikarenakan Badan milik pemerintah tersebut telah malang melintang tentang hal tersebut.  Ungkapnya, workshop tersebut juga sebagai langkah untuk mencetak para peneliti muda. Selain itu, Profil Profesional Mandiri milik Prodi S-1 Teknik Biomedis Udinus dapat tercapai.
 
"Salah satu syarat mendapatkan akreditasi internasional yakni memiliki Profil Profesional Mandiri atau biasa disebut profil lulusan.  Salah satu Profil Profesional Mandiri milik prodi S-1 Teknik Biomedis yakni menjadikan lulusan sebagai peneliti," jelasnya.
 
Sementara itu, Dekan Fakultas Teknik Udinus,  Heru  Agus Santoso, Ph.D., berharap para peserta dapat menyerap ilmu yang diberikan oleh para narasumber dengan baik. Beber Dekan FT, pada tahun 2021 lalu melalui penelitian fakultas yang ia pimpin mampu meraih pendanaan sebesar 2,1 miliar. Angka tersebut berasal dari tiga proposal penelitian yang berhasil didanai oleh pemerintah.
 
"Pendanaan sebesar itu tak lepas dari kemampuan menulis jurnal ilmiah , membaca referensi dan berbagai hal lainnya. Kami harap dari workshop ini mampu menumbuhkan semangat meneliti ," ungkap Dekan FT Udinus.
 
Pada paparannya, Talitha Asmaria, M.Sc., mengupas mendalam seputar artikel ilmiah. Mulai dari susunan penulisan, cara mencari masalah untuk diteliti hingga mencari sebuah kesimpulan dari sebuah penelitian. (Humas Udinus/Alex. Foto: Humas Udinus)