Hadirkan profesor dari Amerika Serikat, Program Studi (Prodi) S-1 Ilmu Komunikasi (Ilkom) Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang bahas seputar etika di dunia jurnalistik online. Pemaparan itu menghadirkan narasumber dari Professor School of Communication, Grand Valley State University, USA yakni Prof. Vandana Pednekar-Magal.
 
Visiting professor class tersebut mengusung tema ‘Ethics in Online Journalism’, diikuti secara terbatas oleh 20 mahasiswa dari Prodi S-1 Ilkom Udinus di gedung E lantai 2. Sisanya diikuti oleh ratusan mahasiswa lainnya yang mengikuti secara daring lewat channel youtube resmi TVKU, pada Jumat, 30 September 2022.
 
Pada pemaparannya, Prof. Vandana menyampaikan materi seputar etika yang harus dimiliki seorang jurnalistik online. Berita yang disampaikan harus akurat sesuai dengan fakta dan dibuat tanpa ada maksud merugikan pihak manapun. Jurnalistik harus menghormati reputasi dan privasi setiap sumber berita yang didapatkan.
 
“Penerapan etika dalam berita harus relevan dan transparan, dan itu berlaku untuk semua sudut pandang berita. Ketika semua sudah diterapkan, maka kerugian yang tidak diinginkan dapat terminimalisir,” jelasnya.
 
Turut hadir dan memberikan sambutan, Ketua Prodi S-1 Ilkom, Dr. Rahmawati Zulfiningrum, S.I.Kom., M.I.Kom. Ia menjelaskan bahwa visiting professor class sudah menjadi agenda rutin bagi Prodi S-1 Ilkom Udinus. Dengan menghadirkan guru besar ilmu komunikasi hingga ke skala internasional. Menurutnya, seorang jurnalistik harus memahami kode etik dalam menyampaikan fakta ke publik. 
 
“Dengan mendatangkan narasumber dari luar negeri kami berharap mahasiswa dapat menangkat wawasan yang lebih luas, bisa melihat perbedaan pemikiran dari berbagai negara,” harapnya.
 
Visiting professor class yang menghadirkan narasumber dari Amerika Serikat tersebut merupakan kerja sama antara Udinus dengan Universitas Diponegoro. (Humas Udinus/Haris. Foto : Humas Udinus)