DENGAN PEMANFAATAN FINTECH, DOSEN MANAJEMEN UDINUS BERI SOLUSI PERMASALAHAN UKM KAMPUNG GESEK GODHONG

[Sassy_Social_Share]

DENGAN PEMANFAATAN FINTECH, DOSEN MANAJEMEN UDINUS BERI SOLUSI PERMASALAHAN UKM KAMPUNG GESEK GODHONG

[Sassy_Social_Share]

Jawab berbagai permasalahan Usaha Kecil Menengah (UKM), Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang melakukan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM). Pelatihan yang dilakukan oleh dosen Program Studi (Prodi) S-1 Manajemen Udinus itu menjawab berbagai permasalahan yang dialami UKM di Kampung Gesek Godhong Semarang, Rabu (05/10/2022).

Pelatihan tersebut sebagai upaya peningkatan manajemen UKM melalui Financial Technology (Fintech). Acara diikuti secara antusias oleh 15 pemilik UKM yang berpusat di Tegalsari, Kecamatan Candisari, Kota Semarang. Terlihat dari banyaknya pertanyaan yang dilontarkan selama acara yang berlangsung di Galeri Produksi UKM King Batik.

Pengabdian masyarakat yang menjadi salah satu Tri Dharma Pendidikan ini dijalankan oleh tiga dosen Prodi S-1 Manajemen Udinus. Dengan diketuai oleh Diana Puspitasari, S.E., M.M., bersama dua anggotanya Amalia Nur Chasanah, S.E., M.M., dan Mashita Fahmi Wardhani, S.Psi., M.M.

Ketua tim, Diana Puspitasari, S.E., M.M., pada kesempatan itu memberikan solusi terkait permasalahan yang dihadapi para mitra usaha. Khususnya terkait pemahaman fintech dan akses manfaatnya dalam mengelola keuangan. Melalui penggunaan fintech maka pemanfaatan bisnis secara digital dapat dilakukan dengan maksimal

“Sebagai langkah awal, kami memberikan pemahaman terkait fintech dan digital marketing, karena memang masih banyak mitra usaha yang belum memanfaatkan teknologi ini,” jelasnya.

Pelatihan ini merupakan langkah awal dari pengabdian yang dilakukan oleh dosen dari Prodi yang tergabung dalam Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) itu. Selanjutnya juga akan dilakukan pelatihan dan Digital Marketing menggunakan aplikasi pihak ketiga.

Melalui PKM ini dosen, selain memberikan pelatihan dan membagikan wawasan nya kepada masyarakat. Mereka juga akan menghasilkan beberapa luaran, seperti publikasi jurnal penelitian, Hak kekayaan intelektual (HKI) serta publikasi ke media massa. 

“Melalui pengabdian ini kami berharap mitra usaha bisa mengantongi ilmu sebanyak mungkin untuk teknologi finansial. Sehingga pemasaran produk dapat semakin meningkat dan mencakup ke pasar yang lebih luas lagi secara digital,” tutupnya.

Sebagai informasi, fintech atau finansial teknologi merupakan layanan keuangan yang dapat dimanfaatkan siapa saja. Dengan berbagai manfaat yang ditawarkan seperti memudahkan transaksi secara online, sehingga dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja.  (Humas Udinus/Haris. Foto : Dok. FEB Udinus)