MINIMALISIR SISA BAHAN PRODUKSI TERBUANG SIA-SIA, PARA DOSEN PRODI S-1 AKUNTANSI BERIKAN PELATIHAN


MINIMALISIR SISA BAHAN PRODUKSI TERBUANG SIA-SIA, PARA DOSEN PRODI S-1 AKUNTANSI BERIKAN PELATIHAN

Tingkatkan nilai jual produk dan meminimalisir sisa bahan produksi  terbuang di Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) berikan pelatihan akuntansi. Pelatihan tersebut diinisiasi oleh tim pengabdian masyarakat Prodi S-1 Akuntansi Udinus.

Pelatihan tersebut diberikan kepada UMKM KIKA yang bergerak dalam bidang catering makanan. Kegiatan yang diselenggarakan di ruang pertemuan Gedung I Udinus, diikuti 20 anggota UMKM KIKA dan dibuka secara langsung oleh Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan, Dr. Kusni Ingsih, MM. Pada kesempatan itu juga, WR III Udinus juga turut memberikan motivasi kepada mitra UMKM KIKA dalam mengembangkan usahanya.

ketua pelaksana Pengabdian Masyarakat dari Dosen Prodi S-1 Akuntansi Udinus,  Dr. Anna Sumaryati S.E., M.Si., menjelaskan kegiatan pengabdian masyarakat tersebut sebagai langkah dalam menyelesaikan permasalahan yang dialami oleh mitra. Permasalahan itu salah satunya  pengelolaan persediaan bahan baku yang dimiliki UMKM yang terkadang over penggunaan.

Menurut Dr. Anna, menilik dari segi keuangan, bahan baku tentunya telah mengurangi biaya pengeluaran, yang berimbas pada laba yang diperoleh oleh mitra tidak maksimal. Pelatihan yang berdurasi sekitar 4 jam tersebut, juga mengajarkan kepada mitra untuk membuat produk dari bahan baku produksi yang tersisa.

“Mitra telah mendapatkan ilmu mengenai cara mengolah bahan yang tersisa di menjadi produk yang lebih bernilai jual, sehingga tidak ada bahan baku yang terbuang sia - sia. Mitra dalam pelatihan ini juga diajarkan untuk memperhitungkan waste yang dihasilkan dari proses produksi,” jelasnya.

perhitungan harga pokok produksi dan penjualan serta pembuatan laporan keuangan sederhana bagi UMKM juga diajarkan secara langsung oleh Dr. Anna Sumaryati SE, M.Si. Sementara itu, Dosen Prodi S-1 Akuntansi Udinus, Hayu Wikan Kinasih, M.Si., juga mengajarkan konsep dasar Material Flow Cost Accounting (MFCA) yang merupakan bagian dari Akuntansi Lingkungan. Sedangkan, dalam pemanfaatan dari pengolahan bahan sisa produksi diajarkan oleh Sigit Budisusilo dari Oaktree Hotel Semarang.

Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan, Dr. Kusni Ingsih, MM berharap dengan adanya pengabdian dari para dosen Prodi S-1 Akuntansi Udinus, UMKM KIKA dapat mengoptimalkan pemanfaatan bahan sisa produksi dalam rangka meningkatkan nilai jual produk.

“Berbagai ilmu dan motivasi yang telah diberikan dapat menjadi langkah awal untuk para anggota tim UMKM KIKA untuk meningkatkan laba dari usahanya. Kegiatan pelatihan ini merupakan cara Udinus untuk memberdayakan UMKM di Jawa Tengah dan Indonesia,” tutupnya. (Humas Udinus/Alex. Foto: Dok. PKM FEB)


Career Collaboration Dinus Tour Sitemap TVKU E-Gamelan E-Prints Repository Publication Dinustek Kulino CFLT ILCS Guest Book KPM Kemahasiswaan Perpustakaan

Universitas Dian Nuswantoro

Main Campus : 207 Imam Bonjol Street || (+6224) 3517261
Other Campus : 5-11 Nakula I Street || (+6224) 3520165
Fax. (+6224) 3569684 || Semarang 50131 Indonesia
Contact us


UNIVERSITAS DIAN NUSWANTORO SEMARANG BY YAYASAN DIAN NUSWANTORO || Copyright © 2015 - 2020 PSI UDINUS All right Reserved