Pasar modal kini menjadi tren yang cukup menarik perhatian masyarakat. Berdasarkan data yang dilansir dari Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI), jumlah investor di Indonesia naik secara signifikan dari tahun 2020. Jumlah investor didominasi kaum Gen Z yang juga sebagai investor muda. Sayangnya, investor muda ini sering kali belum teredukasi dengan benar. Hal itulah yang membuat Yohanes Imanuel Kurniawan tergerak untuk turut mengedukasi masyarakat seputar pasar modal dengan menjadi konten kreator.

Untuk meningkatkan kompetensi dalam mengedukasi, mahasiswa Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Program Sarjana Akuntansi itu mengikuti sertifikasi Wakil Perantara Pedagang Efek. Ia pun kini telah mendapatkan sertifikasi Regular Technical Analyst dari Lembaga Sertifikasi Profesi Pasar Modal (LSP-PM). Hal itu bertujuan agar dirinya dapat mengedukasi orang,

“Saya akhirnya memiliki izin yang pasti juga. Walau saya ini masih belum banyak dikenal, saya senang untuk sharing. Terutama membagikan tips dan langkah-langkah yang harus diketahui yang sebenarnya hal sepele, tapi hal itu penting untuk perjalanan investasi kita,” jelas mahasiswa yang akrab disapa ‘Yohanes’ itu.

Ketertarikannya belajar pasar modal muncul sejak dirinya berada di bangku SMA. Latar belakang Yohanes sebelumnya adalah memasak. Namun, karena keterbatasan biaya, akhirnya ia memilih mencari pengalaman dengan bekerja dulu dan bekerja di CV. Karya Terang Perdana (GiggleBox).

“Dari saya bekerja itu juga saya mendapatkan gaji pertama saya. Karena pada saat itu covid, dan hype investasi itu masih sangat tinggi dan viral, saya awalnya mencoba untuk mempelajari mengenai investasi,” ungkapnya.

Dari proses belajar itu, akhirnya ia lebih tertarik di bidang akuntansi. Menurutnya, kedua hal tersebut sangat berhubungan. Untuk analisa fundamental sebuah perusahaan, pasti berhubungan dengan laporan keuangan yang dibuat oleh accounting. Menurutnya daripada hanya belajar analisa laporan keuangan secara otodidak, ia akhirnya memutuskan untuk  mempelajari cara membuat laporan keuangan.

“Saya mempelajari laporan keuangan, dari situ saya mendapatkan ilmu yang banyak, dan sesuatu yang pasti, Akhirnya saya memutuskan masuk ke prodi Akuntansi Udinus,” aku mahasiswa yang menyabet gelar Pemenang Kompetisi Duta Pasar Modal PT Bursa Efek Indonesia Triwulan 1 – Kategori Edukasi Media Sosial 2023.

Pentingnya Pasar Modal

Di perkuliahan, ia aktif dalam Komunitas Studi Pasar Modal (KSPM) dan menjadi Ketua Umum KSPM periode 2023-2024. Bersama KSPM Udinus, Yohanes semakin memperdalam ilmunya di bidang tersebut.

Menurutnya, belajar mengenai pasar modal bagi generasi muda, terutama mahasiswa itu sangat penting. Hal ini dikarenakan dapat memberikan pemahaman yang kuat tentang pengaturan keuangan, cara berinvestasi untuk masa depan, hingga memperluas sumber penghasilan dan mencapai tujuan keuangan jangka panjang.

Ada beberapa tips yang perlu diperhatikan pemula. Pertama, adalah edukasi dengan memahami dasar-dasar pasar modal. Misalnya jenis-jenis investasi, risiko, dan strateginya. kedua, menentukan tujuan, untuk keperluan jangka pendek atau jangka panjang. Selanjutnya, bisa memulai dengan investasi kecil dan tingkatkan secara bertahap seiring pemahaman dan pengalaman. Ia menyarankan untuk bergabung dengan komunitas investasi atau grup diskusi untuk belajar.

 “Harus selalu diingat bahwa investasi memiliki risiko, dan penting untuk melakukan riset yang cermat sebelum membuat keputusan investasi. Selalu ada baiknya untuk berkonsultasi dengan profesional keuangan sebelum membuat keputusan investasi besar,” jabarnya.

Ketua KSPM Udinus itu juga berpesan kepada teman-teman mahasiswa Udinus untuk dapat menggali potensi dan belajar seputar pasar modal. Ini menjadi pintu untuk peluang karier yang menarik dan beragam. Pasar modal dan perbankan adalah sektor yang terus berkembang dan memiliki peran penting dalam perekonomian global.

Dengan memperoleh pengetahuan dan keterampilan yang tepat di bidang ini, teman-teman mahasiswa dapat menjadi bagian dari industri yang dinamis dan berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi. Ia menyarankan agar mahasiswa jangan ragu untuk mengeksplorasi peluang magang, kursus, atau seminar yang dapat membantu memperdalam pemahaman tentang pasar modal dan keuangan.

“Ingat bahwa setiap langkah kecil dalam belajar dan pengembangan diri membawa Anda lebih dekat menuju kesuksesan. Jadi, jadilah proaktif, teruslah belajar, dan bersemangatlah dalam mengejar karier di pasar modal dan keuangan,” tutupnya. (Humas Udinus/Ika. Foto: Dok. Pribadi)