SMAN 7 BULUKUMBA SULAWESI MENANGI CREANOVATION AWARDS 2018 FAKULTAS TEKNIK UDINUS


SMAN 7 BULUKUMBA SULAWESI MENANGI CREANOVATION AWARDS 2018 FAKULTAS TEKNIK UDINUS

 

Fakultas Teknik Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) terus mengasah kreativitas generasi muda melalui Creanovation Award 2018 yang digelar di aula gedung E Udinus. Berbagai sekolah menengah bertanding merebutkan sekoalh yang memiliki karya inovatif. Kegiatan ini nantinya juga akan diisi oleh Kaesang Pangarep co-founder Madhang.id

 

Lomba tersebut iikuti oleh siswa sekolah menengah atas maupun sekolah menengah kejuruan se-Indonesia. Peserta yang mengikuti Creanovation Award 2018 adalah tim yang beranggotakan tiga orang. Beberapa kategori yang dilombakan yakni produk olahan makanan, perkakas, permainan (game) dan penalaran, green technology, dan masih banyak lagi.

 

Putra kedua Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, mengisi dalam sesi kuliah tamu yang merupakan rangkaian acara dari Creanovation Awards 2018. Sekitar 200 peserta yang terdiri dari 175 mahasiswa dan sisanya dari siswa SMA/SMK yang berhasil lanjut menuju tahap grand final.

 

Creanovation Awards tahun 2018 memasuki penyelenggaraan tahun kelima, dengan tema “Greennovation”. Lomba tersebut memiliki beberapa tahapan yakni dari pendaftaran yang telah ditutup pada awal Maret lalu dan perlombaan grand final yang akan diselenggarakan kemarin (9/5/2018).

 

“Tujuannya kami menyelenggarakan selain mengasah kemampuan siswa juga meningkatkan daya nalar dan kepekaan dalam mengidentifikasi permasalahan di lingkungan sekitarnya serta memberikan solusi bagi bangsa,” ujar Ketua panitia acara Crenovation award 2018, Pramudi Arsiwi, S.T., M.Sc.

 

Ia mengungkapkan jika 25 tim dari 21 SMA/SMK di Indonesia berhasil lolos dalam penjurian. Kategori Green Inovation dan perkakas/alat bantu masih menjadi favorit pilihan peserta dalam untuk mengikuti ajang tersebut. Harapnya, agar para peserta mampu menghasilkan karya yang lebih bagus dibandingkan tahun lalu.

 

“Pada tahun lalu inovasi dari para siswa sangat bagus dan kami ingin 25 tim yang berhasil lolos dapat menampilkan karya yang bagus dan mampu membantu masyarakat,” ungkapnya.

 

Sementara itu, Kahumas Udinus, Agus Triyono, S.Sos, MSi menegaskan jika Udinus tak hanya menciptakan karya dari para mahasiswa untuk membantu masyarakat, namun juga memfasilitasi siswa sekolah menengah atas untuk unjuk kebolehan dalam berinovasi.

“Generasi muda harus mampu berinovasi, kegiatan ini menjadi medan untuk mereka berkreasi dan mengeluarkan bakat yag dimilikinya,” ujar Agus.

 

Dinobatkan sebagai pemenang, SMAN 7 Bulukumba Sulawesi sebagai juara 1, dengan tema “Pemanfaatan Buah Gamo Sebagai Barongko (makanan tradisional dari Sulawesi) Yang Kaya Gizi). Lalu disusul SMAN 1 Lamongan Jawa Timur sebagai juara 2, serta SMKN 1 Temanggung Jawa Tengah. Pemenang mendapatkan hadiah berupa uang pembinaan, medali, dan bebas Uang Sumbangan Pembangunan instusi (USPI) di Fakultas Teknik Udinus. (*Humas Udinus/Alex. Foto : Nining Sekar)


Gallery Career Collaboration Dinus Tour Sitemap TVKU E-Gamelan E-Prints Repository Publication Dinustek Kulino CFLT ILCS Guest Book

Universitas Dian Nuswantoro

Main Campus : 207 Imam Bonjol Street || (+6224) 3517261
Other Campus : 5-11 Nakula I Street || (+6224) 3520165
Fax. (+6224) 3569684 || Semarang 50131 Indonesia
Contact us


UNIVERSITAS DIAN NUSWANTORO SEMARANG || Copyright © 2015 - 2020 PSI UDINUS All right Reserved (App-19)