ANGKAT ISU TENTANG BLOCKCHAIN, DPM KM UDINUS DAPATKAN PENGHARGAAN BEST INNOVATION PAPER PADA IROPFONIC 2023

[Sassy_Social_Share]

ANGKAT ISU TENTANG BLOCKCHAIN, DPM KM UDINUS DAPATKAN PENGHARGAAN BEST INNOVATION PAPER PADA IROPFONIC 2023

[Sassy_Social_Share]
Dewan Perwakilan Mahasiswa Keluarga Mahasiswa (DPM KM) Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) berhasil mendapat penghargaan ‘Best Innovation Paper’ pada acara ajang Internasional. Ajang yang mengusung judul ‘International Relations on Indonesian Foreign Policy Conference (IROPFONIC) 2023’ tersebut diselenggarakan oleh Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran, Jawa Timur.
 
Judul yang diusung oleh tim dari Udinus dalam paper tersebut adalah ‘Strengthening Data Security Through Blockchain Technology: Exploring The Successful Implementation of Digital Transformation in Indonesia’. Terdapat 3 mahasiswa yang terlibat, yakni Tito Wira Eka Suryawijaya, Tahlis Ayu Fatmawati, dan Dr. Kusni Ingsih, M.M sebagai pembimbing.
 
Tahlis Ayu Fatmawati, anggota tim yang terlibat dalam penyusunan paper tersebut mengungkapkan bahwa papernya berfokus pada blockchain dan manfaatnya. Apalagi, di era sekarang marak terjadinya kebocoran data di mana-mana. Blockchain meningkatkan keamanan data dengan menyimpannya secara terdesentralisasi dan terenkripsi. 
 
“Pada paper yang kami buat, memberikan gambaran apabila semua lini administratif di Indonesia seperti pendidikan, perbankan, marketplace ataupun pemerintahan menerapkan penggunaan teknologi blockchain. Data pengguna akan semakin aman karena harus melewati beberapa verifikasi dulu,” ujarnya.
 
Ia juga menjelaskan bahwa terdapat serangkaian seleksi hingga sampai ke tahap final. Beberapa tahapan tersebut di antaranya seleksi abstrak, penyusunan full paper, dan tahap final yang dilakukan pada 20 Juni 2023.
 
“Selain mendapatkan penghargaan kategori Best Innovation Paper, ketua tim kami yakni Tito Wira Eka Suryawijaya juga mendapat penghargaan Honorable Mention,” tambahnya.
 
Perlombaan paper yang disebut juga dengan kegiatan ‘panelis’ yang menjadi serangkaian agenda dari IROPFONIC dilakukan secara hybrid. Adapun kegiatan lainnya berupa seminar yang mendatangkan berbagai narasumber yang kompeten. Kegiatan online dilakukan melalui aplikasi zoom, sedangkan offline dilakukan di The Southern Hotel Surabaya.
 
Wakil Rektor III Udinus, Dr. Kusni Ingsih M.M, berharap melalui pencapaian ini semoga kedepannya semakin banyak mahasiswa udinus yang termotivasi dan berani mencoba hal-hal baru yang positif. Baik itu di ranah akademik maupun non-akademik seperti perlombaan atlet.
 
“Untuk target ke depannya, mencapai lebih banyak prestasi lagi di bidang akademik sesuai standarisasi unggul. Serta semakin banyak mahasiswa Udinus yang berprestasi hingga skala internasional,” tutupnya. (Humas Udinus/Ika. Foto: Dok. DPM Udinus)