Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) fasilitasi ujian sertifikat Bahasa Jerman yang diikuti ratusan peserta. Kegiatan itu merupakan salah satu bentuk dari kerja sama antara Fakultas Ilmu Budaya (FIB) dengan Goethe-Institut Indonesien.  

Pada 21-22 Juli 2023, Terdapat ujian bagi peserta yang melakukan ujian sertifikat Bahasa Jerman. Sebelumnya, beberapa waktu yang lalu juga telah dilakukan ujian yang sama. Ujian sertifikat yang berlangsung di beberapa kelas di Gedung D Udinus dan terdapat juga seminar yang bertemakan ‘Tinggal dan Bekerja di Jerman’ yang akan diselenggarakan pada Sabtu 22 Juli 2023 di ruang D5.5P Udinus.

Kepala Kursus Bahasa Jerman dan Ujian Goethe – Institut Indonesien, Phillipp  Carl mengatakan Goethe-Institut Indonesien tak hanya menawarkan kursus bahasa Jerman, namun terdapat program-program budaya. Menurutnya, tes yang digelar oleh Goethe – Institut Indonesien salah satunya yang digelar di Udinus kali ini berjalan lancar dan tanpa kendala.

“Tes yang kami selenggarakan tentunya telah diakui secara internasional dan telah bersertifikat,” kata Phillipp Carl.

Koordinator Proyek Praintegrasi Goethe – Institut Indonesien, Sombatua Sihotang menjelaskan kegiatan seminar mengenai tinggal dan bekerja di Jerman yang diadakan pada 21 Juli, akan memberikan ilmu dan informasi yang berguna kepada mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya Udinus dan masyarakat umum. Nantinya mereka dapat melihat peluang bekerja  di Negara Jerman yang sangat luas dan kaya akan ilmu-ilmu baru.

“Nantinya para peserta khususnya mahasiswa maupun dosen FIB Udinus, akan dijabarkan secara terperinci peluang-peluang yang dapat dicapai oleh mereka yang bekerja di sana,” jelasnya.

Sebagai informasi, Goethe-Institut merupakan institut kebudayaan Republik Federal Jerman yang aktivitasnya ada di banyak negara. Beberapa kegiatan telah diselenggarakan bersama antara FIB Udinus dengan Goethe-Institut

Dekan Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Udinus Semarang,  Dr. Raden Arief Nugroho S.S., M.Hum., pun berterima kasih atas kepercayaan pihak Goethe Institut Indonesien yang sudah mempercayakan Udinus sebagai lokasi tes Bahasa Jerman.

“Kegiatan seminar itu nantinya menjadi ilmu yang sangat berguna bagi para mahasiswa kami. Para mahasiswa akan mengetahui bagaimana peluang kerja di luar negeri yang ternyata sangat luas,” paparnya. (Humas Udinus/Alex. Foto: Dok. FIB Udinus)