MAHASISWA PRODI S-1 ILKOM UDINUS DAPAT PENGARAHAN TENTANG KOMUNIKASI STRATEGIS DARI PT PERTAMINA PATRA NIAGA

[Sassy_Social_Share]

MAHASISWA PRODI S-1 ILKOM UDINUS DAPAT PENGARAHAN TENTANG KOMUNIKASI STRATEGIS DARI PT PERTAMINA PATRA NIAGA

[Sassy_Social_Share]

Kenalkan mahasiswa mengenai komunikasi strategis di perusahaan, Program Studi S-1 Ilmu Komunikasi (Ilkom) Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) melakukan corporate visit ke PT Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Tengah. Kegiatan itu merupakan kegiatan kunjungan industri yang rutin dilakukan oleh prodi tersebut.

Kunjungan yang dilakukan oleh mahasiswa dan didampingi oleh beberapa dosen tersebut dilakukan di PT. Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Tengah di Jl. Pemuda No.114, Semarang. Puluhan mahasiswa mendapatkan pengarahan langsung dari tim Unit Communication & Regional Jawa Bagian Tengah PT. Pertamina Patra Niaga.

Dosen Ilkom Udinus, Heni Indrayani, M.I.Kom., menyatakan corporate visit pada kali ini memiliki tujuan untuk mendorong mahasiswa agar memiliki pemahaman praktis. Sekaligus juga sebagai langkah menyiapkan mahasiswa untuk terjun di dunia industri.

“Kegiatan ini juga mendorong mahasiswa memiliki pemahaman mengenai bagaimana cara membina hubungan baik dengan semua stakeholder. Selain itu, mahasiswa dapat mengerti seputar menyusun komunikasi strategis pada perusahaan,” jelasnya.

Sementara itu, Manager Unit Communication & Regional Relation Jawa Bagian Tengah, Brasto Nugroho mengatakan bahwa strategi komunikasi berperan penting dalam mencapai tujuan sebuah perusahaan. Maka dari itu, komunikasi dua arah menjadi cara baru untuk menginformasikan kegiatan. Misalnya, konten digital yang diunggah pada sosial media Instagram, Youtube, dan TikTok.

Selain itu taktik yang digunakan untuk menyampaikan informasi mengenai kegiatan perusahaan dengan menggandeng public figure atau influencer akan lebih memiliki daya tarik yang signifikan.

Brasto mengungkapkan bahwa aktivitas komunikasi yang ada di perusahaan saat ini, meliputi communication and relation, Corporate Social Responsibility (CSR). Ia pun berharap mahasiswa ilmu komunikasi khususnya Udinus diharapkan memiliki kemampuan social mapping dan Social Return of Investment (SROI).

“Menyusun strategi beranjak dari kondisi lingkungan, kondisi masyarakat dan berkaitan dengan strategi perusahaan. Strategi komunikasi sebuah perusahaan harus selaras sehingga bisa disusun menjadi strategi public relation yang nantinya bisa dijabarkan melalui taktik tertentu” jelas Brasto Nugroho.

Selama mengikuti kegiatan tersebut mahasiswa terlihat antusias dengan banyaknya diskusi seputar komunikasi strategis. (Humas Udinus/Alex. Foto: Dok. Ilkom Udinus)