Stasiun televisi miliki Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) kembali dinobatkan sebagai Lembaga Penyiaran Televisi Lokal Terbaik. Penghargaan untuk PT. Televisi Kampus Udinus (TVKU) ini merupakan yang ke-5 kalinya.

Anugerah penyiaran itu diberikan oleh Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Jateng, pada Jumat, 17 November 2023 lalu. Kegiatan Anugerah Penyiaran KPID Jateng 2023 ini dimeriahkan dengan berbagai nominasi kategori penghargaan. Seperti kategori iklan masyarakat, program anak, hingga penyiar atau presenter terbaik Jateng. Serta Lembaga Penyiaran Televisi Lokal Terbaik yang dinobatkan kepada TVKU. Pada kategori itu TVKU bersaing dengan televisi daerah lainnya dari Temanggung dan Surakarta.

Turut hadir dan memberikan sambutan, Ketua KPID Jateng, Muhammad Aulia Assyahiddin, S.S. Pada laporannya disampaikan bahwa tahun ini antusias para peserta meningkat dengan pesat dibanding tahun sebelumnya. Terbukti adanya lebih dari 200 peserta dari berbagai lembaga penyiaran di Jateng yang ikut berpartisipasi.

“Tahun ini kami mengusung tema ‘Siaran Sehat Untuk Pemilu Bermartabat’, karena tahun pemilu sudah di depan mata. Tema ini kami usung dengan harapan mampu menciptakan lembaga penyiaran yang netral, independen dan bermartabat,” ujarnya.

“Mampu menjaga nilai-nilai kebinekaan dan Pancasila dengan menjaga persaudaraan secara netral. Anugerah ini sebagai bentuk apresiasi kami kepada seluruh lembaga penyiaran di Jateng yang telah berkontribusi menciptakan program unggulan yang berkualitas,” tambah Ketua KPID Jateng. 

Seleksi untuk tiap kategori dilakukan oleh tim juri dengan melakukan beberapa tahapan. Dimulai dari visitasi ke lapangan, penjurian final, dan diakhiri dengan presentasi langsung. 

Komitmen Program Pemilu Bermartabat

Pada malam Anugerah Penyiaran KPID Jateng, TVKU Semarang dinobatkan secara resmi oleh sebagai lembaga penyiaran televisi lokal terbaik pada tahun 2023. Penghargaan secara simbolis diterima oleh Direktur Operasional TVKU Semarang, Heri Pamungkas S.S., M.I.Kom.

Secara terpisah, Direktur Utama TVKU Semarang Dr. Guruh Fajar Shidik, S.Kom., M.Cs., turut ungkapkan rasa bangganya. Ini merupakan capaian keberlanjutan yang berhasil diraih oleh TVKU Semarang. Membuktikan adanya konsistensi program unggul dan berkualitas yang diberikan kepada masyarakat Jateng. Sesuai dengan harapan Ketua KPID Jateng, TVKU Semarang akan berkomitmen untuk menyajikan siaran tentang pemilu yang bermartabat. 

“Prestasi ini sesuatu hal yang membanggakan, kerja keras dari para kru untuk menghadirkan tontonan berkualitas mampu berbuah manis. Semoga anugerah ini bisa terus kami pertahankan untuk tahun-tahun berikutnya,” tutupnya. (Humas Udinus/Haris. Foto: Dok. KPID Jateng)