Go Internasional! Program Sarjana Teknik Industri Udinus Resmi miliki status ‘Accredited’ dari IABEE

[Sassy_Social_Share]

Go Internasional! Program Sarjana Teknik Industri Udinus Resmi miliki status ‘Accredited’ dari IABEE

[Sassy_Social_Share]

Berhasil berikan kualitas perkuliahan internasional, Program Sarjana Teknik Industri Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) telah mendapat status ‘Accredited’. Akreditasi bertaraf internasional itu dikeluarkan oleh Accreditation Board for Engineering Education (IABEE).</span>

Capaian dari program sarjana yang masuk di dalam Fakultas Teknik (FT) itu diraih dalam disiplin ‘Industrial and Similarly-named Engineering Programs’. Akreditasi secara resmi tertuang pada sertifikat akreditasi No. 000138.A diterbitkan pada 31 Maret 2024 di Jakarta. Dengan ditandatangani oleh Ketua Komite Eksekutif IABEE, Prof. Dr. Ir. Muhammad Romli, M.Sc.St., IPU.

Dalam wawancaranya, Dekan FT, Ir. Heru Agus Santoso, Ph.D., menyampaikan pencapaian itu sebagai bukti komitmen bahwa fakultas terus berkembang ke taraf internasional. Melalui akreditasi IABEE, program studi akan menyiapkan lulusan yang memenuhi standar dan kualifikasi internasional. Tentunya untuk memberi bekal mahasiswa yang akan terjun ke dunia profesional hingga ke taraf internasional. 

“Sistem pembelajaran yang dilakukan yaitu proses pendidikan yang mengacu pada hasil capaian pembelajaran atau learning outcome. Tujuan utamanya untuk terus melakukan perbaikan berkelanjutan,” ungkapnya. 

Lebih lanjut, lulusan Program Sarjana Teknik Industri nantinya akan mendapat banyak keuntungan. Seperti mendapatkan pembelajaran dengan standar yang lebih dipercaya internasional. Selain itu, akan mendapat kepercayaan lebih dari dunia industri.

Akreditasi IABEE menjadi salah satu lembaga akreditasi mandiri Indonesia yang telah diakui oleh pemerintah berdasarkan Kepmendikbud No. 83/P/2020. Saat ini IABEE telah menjadi anggota Washington Accord (WA) dengan status ‘Provisional Signatory’. Organisasi independen yang menjadi bagian dari lembaga PII, bertujuan untuk menumbuhkembangkan pengelolaan pendidikan tinggi pada bidang teknik dan computing.

Secara terpisah, Rektor Udinus Prof. Dr. Ir. Edi Noersasongko, MKom., ucapkan selamat atas capaian Program Sarjana Teknik Industri. Harapannya capaian ini bisa menjadi motivasi bagi jurusan lain di FT untuk meningkatkan menuju ke taraf internasional.

“Melalui akreditasi ini kami akan terus berkomitmen untuk menciptakan lulusan yang bisa bersaing di kancah nasional maupun internasional,” tutupnya. (Humas Udinus/Haris. Ilustrasi: Humas Udinus)