Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) kembali menerjunkan mahasiswanya untuk melakukan magang di luar negeri. Kali ini, sebanyak 11 mahasiswa dari program Sarjana Sastra Jepang akan melaksanakan magang di Jepang dan tersebar di 5 kota yang berbeda. 

Pada program magang kali ini, sebelas mahasiswa tersebut akan melaksanakan magang selama 1 tahun. Ketua Program Sarjana Sastra Jepang Udinus, Dr. Bayu Aryanto, S.S., M.Hum., menyebutkan bahwa keberangkatan mahasiswa akan berbeda-beda. Hal ini tergantung pada visa yang dimiliki.

“Untuk keberangkatan mahasiswa berbeda-beda. Ada yang akan berangkat minggu depan juga. Ini tergantung pada visanya,” jelasnya.

Lebih lanjut, ia mengungkapkan bahwa program magang ini nantinya akan dikonversi sebagai program MBKM. Dalam 1 semester, maksimal dapat dikonversi hingga 20 sks.

“Jadi bisa sampai 40 SKS untuk 1 tahun (2 semester). Ada 5 perusahaan yang MoU dengan Udinus, dan jangka waktunya 1 tahun,” lanjutnya.

Untuk mengikuti program ini, syarat utama yang harus dimiliki mahasiswa adalah bisa berbahasa Jepang dan berstandar internasional. Kaprodi Sastra Jepang Udinus itu juga menegaskan mengenai keterampilan berbahasa ini sudah disiapkan sehari-harinya. Tidak hanya itu, bahkan para mahasiswa sudah memiliki sertifikat Bahasa Jepang di tingkat internasional. 

“Harapannya pulang ke sini bisa punya pengalaman untuk mereka lulus dan jadi nilai jual alumni bisa menjadi lebih baik. Tidak hanya di Indonesia tapi di internasional.” harapnya.

Sebelas mahasiswa yang akan mengikuti program ini berasal dari angkatan yang berbeda dan di kota yang berbeda pula. Di Saga, terdapat Ignatius Aldo dan F. Rianto Dwi Satrio, mahasiswa angkatan 2021. Di Okayama, terdapat Bayu Wisnu Wiguna dan Anggoro Margi Pangestu, mahasiswa angkatan 2021. 

Selanjutnya, di Nagano ada Dwi Lubistira angkatan 2021. Di Hokkaido, terdapat 4 mahasiswa angkatan 2022, yakni Daffa Aulia Adzkaar Nafis, Fahraz Ramdhani Saputri, Thomas Agra Ananta, dan Muhammad Alfi Fajrun. Di Fukoka, terdapat Anggoro Margi Pangestu angkatan 2021 dan Nadia Winda Marga Ayu, angkatan 2023.

Salah satu mahasiswa yang akan menjalani magang di perusahaan Yakiniku Sakai Holding di Fukuoka, Nadia Winda Marga Ayu, mengaku sudah melakukan persiapan untuk mengikuti program ini. DI antaranya ialah persiapan dokumen, seperti paspor dan visa. 

“Yang memotivasi saya ialah ingin meningkatkan kemampuan Bahasa Jepang karena di sana bisa langsung berkomunikasi dengan orang Jepang.Harapan saya bisa meningkatkan kemampuan Bahasa Jepang, mendapatkan pengalaman dan ilmu baru, serta bisa menerapkan kedisiplinan dan etos kerja yang saya dapat dari sana ke Indonesia,” tutupnya.

(Humas Udinus/Ika. Foto: Humas Udinus)