Himpunan Mahasiswa (HM) dan Biro Mahasiswa Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) berkolaborasi berikan pelatihan untuk siswa SMA/SMK sederajat. Pelatihan ‘FIK Fair 2024 : Goes to Campus’ itu diinisiasi oleh Fakultas Ilmu Komputer (FIK) Udinus, pada Senin (20/5/2024) kemarin.

Mengusung tema ‘Exploring The Future Of Digital Innovation’, materi yang disampaikan dari tiga jurusan. Yakni Program Sarjana Teknik Informatika (TI), Program Sarjana Sistem Informasi (Sisfo), dan Program Sarjana Terapan Animasi Udinus. Peserta terdiri dari 360 siswa SMA/SMK dan sederajat yang berasal dari beberapa sekolah di Kota Semarang.

Dekan FIK Udinus, Dr. Drs. Abdul Syukur, dalam kesempatan itu memberikan membuka acara secara simbolis dengan pemukulan gong. Dalam sambutannya, ia mengajak seluruh peserta untuk memanfaatkan pelatihan sebaik mungkin. Tujuannya untuk mengenal lebih awal terkait pembelajaran yang di dapatkan di ranah perguruan tinggi.

“Melalui FIK Fair Udinus ini kami ingin memberi perspektif baru bagi siswa SMK/SMK terkait materi perkuliahan. Untuk lebih mantap lagi menentukan jurusan apa yang akan diambil sesuai bidang yang ingin dikuasai,” harapnya.

Pembukaan juga disaksikan langsung Wakil Dekan I Bidang Akademik FIK Udinus, Dr. Ahmad Zainul Fanani, Ssi., M.Kom. Bersama perwakilan Guru Pendamping dari beberapa sekolah. Berlokasi di Aula gedung E lantai 2 Udinus.

Atmosfer Perkuliahan

Secara rinci, Ketua Pelaksana sekaligus Tim Kemahasiswaan FIK Udinus, Galuh Wilujeng Saraswati, M.Cs., menjelaskan materi yang disampaikan juga beragam. Seperti Pengenalan Dasar UI/UX, Pembuatan Desain Aplikasi Mobile, dan UI menggunakan Figma. Siswa juga diajak mengenali fundamental Website dan pembuatannya dengan Laravel dan React JS.

“Materi disampaikan langsung oleh dosen dan juga mahasiswa organisasi di lingkup FIK Udinus. Siswa SMA/SMK mengikuti pelatihan secara langsung di laboratorium komputer gedung D lantai 2. Dengan ini mereka juga mendapat atmosfer perkuliahan yang lebih nyata,” imbuhnya.

Selain itu, mahasiswa juga dikenalkan dengan laboratorium Animasi Udinus yang berlokasi di gedung H. Dengan pemaparan materi tips dan trik membuat karakter animasi dan pengenalan software untuk membuat karakter. Serta ditutup dengan membedah film melalui cinematography. (Humas Udinus/Haris. Foto: Humas Udinus)