Peringati Hari Pendidikan Nasional, Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) memberikan kontribusinya di bidang Informasi Teknologi (IT) dengan launching aplikasi Sistem Informasi Bimbingan Dan Konseling (Sibiling). Aplikasi tersebut telah resmi dilaunching dan diperkenalkan kepada para guru BK di Kota Semarang untuk mempermudah dalam konsultasi hingga pembimbingan.

Sibiling merupakan sistem yang lahir dari kolaborasi Biro Admisi dan Promosi bersama UPT Unit Data Informasi Udinus. Aplikasi tersebut dilaunching langsung oleh Rektor Udinus, Prof. Dr. Ir. Edi Noersasongko, M.Kom disaksikan oleh Seluruh jajaran Udinus dan Kepala BPTIK Provinsi Jawa Tengah serta seluruh guru Bimbingan Konseling (BK) di Kota Semarang.

Rektor Udinus, Prof. Dr. Ir. Edi Noersasongko, M.Kom,  menyampaikan Aplikasi Sibiling diciptakan untuk mempermudah guru BK di Jawa Tengah maupun Indonesia dalam melakukan pekerjaannya sehari-hari. Pada prosesnya, guru BK memang dilibatkan langsung selama proses pengembangannya. Salah satunya dengan simulasi yang dilakukan beberapa kali bersama perwakilan guru BK di Kota Semarang.

“Simulasi ini sudah kami lakukan secara berkala. Dengan harapan Sibiling yang akan dilaunching nanti merupakan hasil yang optimal. Sejauh ini antusias guru BK yang hadir sangat baik, banyak masukan-masukan yang akhirnya melengkapi fitur-fitur Sibiling,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Musyawarah Guru Bimbingan dan Konseling (MGBK) SMA Jawa Tengah, Nurcahyo Adi Prasetyo, S.Pd, Kons berterimakasih kepada Udinus karena telah launching aplikasi Sibiling. Aplikasi itu telah di uji coba dan mampu berjalan dengan lancar dan baik. Menurutnya, fitur-fitur yang terdapat didalam aplikasi Sibiling sangat lengkap dan tentunya user friendly.

“aplikasi ini tentunya sangat-sangat membantu kami, isinya telah representative dan data-datanya juga lengkap ya. Semoga aplikasi ini tak hanya dimanfaatkan di Jateng saja tetapi di Indonesia,” jelasnya.

Selain launching aplikasi Sibiling, Udinus juga menyelenggarakan kegiatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) yang memperlombakan tiga kategori lomba Twibbon, Yel-Yel dan Vlog SMA dan Umum. Para peraih juara 1 hingga 3 mendapatkan hadiah dua satunya beasiswa pendidikan dan uang pembinaan.

Digunakan Secara Gratis

Lebih lanjut, Developer Sibiling sekaligus Tim UPT UDI, Muhammad Syaifur Rohman, M.Cs., menjelaskan bahwa Sibiling memiliki fitur membuat surat menyurat, konsultasi dan pembimbingan. Sistem tersebut juga dapat digunakan secara gratis oleh seluruh guru BK di Indonesia. Persyaratannya hanya perlu menghubungi Udinus untuk mendaftarkan akun Sibiling.

“Keunggulan sistem kami yaitu surat yang dibuat sudah otomatis tersimpan di database. Sehingga seluruh data yang dibuat oleh guru BK bisa diakses kapan saja tanpa perlu menyimpan fisik surat,” imbuhnya.

Ungkap Syaifur, fitur-fitur yang ditanamkan dalam aplikasi Sibiling, merupakan hasil diskusi dengan para guru BK. Ia pun berharap Sibiling mampu menjadi solusi bagi guru BK di Indonesia dalam menyelesaikan permasalahan di dunia Pendidikan khususnya konseling.

“Aplikasi ini akan terus kami sempurnakan tentunya melibatkan para Guru BK di Indonesia. Para guru BK yang ingin mengakses bisa kunjungi Sibiling.dinus.ac.id,” jelasnya.(Humas Udinus/Alex. Foto: Dok Pribadi)