Program Sarjana Terapan Animasi Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) resmi jalin kerjasama dengan PT Yamaha Indonesia. Perjanjian kerjasama tersebut dalam rangka menggelar lomba animasi bertajuk Udinus Animasi Feat Yamaha Moving Forw(Art) with Yamaha Fazzio.

Lomba dengan kategori 2D dan 3D Animation Competition dalam bentuk Poster Illustration secara umum dibagi menjadi dua kategori, yakni kategori SMA/SMK dan kategori Mahasiswa/Umum. Karya animasi peserta bersifat individu/kelompok, dan hanya boleh mengumpulkan 1 karya.

Ketentuan lain dalam lomba adalah karya tersebut harus orisinil, belum pernah dilombakan dan tidak mengandung unsur SARA, pornografi, dan kekerasan. Dalam lomba ini, ada total hadiah uang sebesar Rp10 juta dan puluhan juta rupiah beasiswa.

Ketua Program Sarjana D4 Animasi Udinus, Dr. Khafiizh Hastuti M.Kom pun menyambut baik jalinan kerja sama dengan Yamaha. Menurutnya melalui ajang tersebut dapat meningkatkan kualitas dari hasil pendidikan, baik di tingkat SMA maupun perguruan tinggi. Hasil mereka pun dapat bermanfaat bagi pihak industri yang nantinya akan menggunakannya.

“Jadi saya sangat antusias dan menyambut positif kerja sama dengan Yamaha untuk Lomba kali ini. Kami harap dari lomba ini juga muncul bibit animator muda yang berbakat,” jelas Dr. Khafiizh Hastuti M.Kom.

Komitmen Tingkatkan Kualitas

Sementara itu, Chief DDS 3 Jateng-DIY PT Yamaha Indonesia Manufacturing, Paul Himawan mengaku bahwa pihaknya senang bekerja sama dengan institusi Pendidikan khususnya Udinus.  Pihaknya juga terus berupaya untuk meningkatkan skill dan kualitas dari beragam kegiatan yang dilaksanakan institusi Pendidikan. Selain itu juga, Yamaha bersama Udinus ingin terus meningkatkan kualitas animasi di Indonesia.

“Yamaha mempunyai tanggung jawab moral untuk secara terus-menerus meningkatkan kualitas dari mahasiswa atau siswa. kami juga meyakini dunia animasi dari waktu ke waktu terus meningkat kebutuhannya,” terang Paul Himawan saat diwawancara selepas menandatangani kerjasama dengan Udinus.

Memorandum of Understanding (MoU)  ditandatangani Rektor Udinus, Prof. Dr. Ir. Edi Noersasongko, M.Kom dan Chief DDS 3 Jateng-DIY PT Yamaha Indonesia Manufacturing, Paul Himawan. Penandatanganan itu juga disaksikan oleh seluruh wakil rektor dan beberapa dekan fakultas.

Rangkaian Program Yamaha 2 University with Udinus Semarang yang dimulai dengan Lomba Animasi ini akan dilanjutkan dengan Seminar tentang Animasi pada akhir bulan Mei 2024. Dan rangkaian program ini akan ditutup bersamaan dengan awarding lomba animasi.(Humas Udinus/Alex. Foto: Humas Udinus)