429 Too Many Requests

There has been a sudden influx of requests from your IP 103.246.107.89

To ensure smooth website performance, we have temporarily restricted your access

Take a moment and try again later

Udinus dan Yamaha Gelar Kompetisi Animasi, Tumbuhkan Bibit-bibit Animator Baru | UDINUS - Universitas Dian Nuswantoro

Program Sarjana Terapan Animasi Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) bekerja sama dengan Yamaha menyelenggarakan Udinus Animation Competition dengan tema “Moving Forw (Art) with Yamaha Fazzio”. Kompetisi yang terbuka untuk siswa SMA/SMK, mahasiswa, dan masyarakat umum itu telah sukses menggelar awarding ceremony, pada Senin (24/06/2024) kemarin.

Perlombaan tercatat diikuti oleh 226 peserta dari berbagai wilayah di seluruh Indonesia. Terdapat dua kategori yang diperlombakan yakni Lomba Animasi, dan Poster Ilustrasi. Masing-masing kategorinya diikuti oleh pelajar SMA/SMK dan sederajat serta mahasiswa dan masyarakat umum. Sesuai dengan tema nya, karya dari setiap peserta wajib berkaitan dengan produk Fazzio.

Awarding ceremony dibuka oleh sambutan Wakil Dekan I Fakultas Ilmu Komputer (FIK) Udinus, Dr. Ahmad Zainul Fanani, Ssi., M.Kom. Dalam sambutannya, ia menyampaikan ajang ini menjadi serangkaian kegiatan rutin Animasi Udinus yaitu Junimasi. Dengan tujuan memberikan platform untuk animator-animator muda sekaligus memberikan apresiasi untuk mereka.

“Selain memberikan apresiasi, kami juga memberikan wadah bagi animator muda untuk mendapat rekognisi dari mitra-mitra yang telah bekerja sama dengan Animasi Udinus. Program sarjana terapan ini juga sudah meraih akreditasi Unggul beberapa waktu lalu , tentu ini menjadi nilai positif,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Ketua Program Sarjana Terapan Animasi Udinus, Dr. Khafiizh Hastuti, S.Kom, M.Kom., menyampaikan harapannya agar Junimasi menjadi barometer perkembangannya di Indonesia. Untuk terus mengembangkan animasi agar menjadi tuan di negeri sendiri.

“SDM di industri animasi Indonesia juga terus berkembang, dan ajang ini menjadi salah satu kontribusi Udinus dalam perkembangannya. Kami juga berkomitmen menghasilkan lulusan yang kompeten di industri animasi, terbukti dengan berbagai prestasi dan pengakuan di tingkat nasional maupun internasional,” imbuh Khafiizh.

Tumbuhkan Bibit Baru

Dengan adanya kolaborasi ini, diharapkan semakin banyak animator berbakat yang muncul dan mampu bersaing di kancah internasional, membawa nama baik Indonesia di dunia animasi.

Secara terpisah, Karya Promosi Yamaha DDS Jateng, M Nindyarto menjelaskan bahwa ajang ini sebagai salah satu inisiasi Yamaha to University (YTU). Acara tersebut meliputi lomba poster, animasi 2D dan 3D, serta workshop dengan praktisi animator di Indonesia. Ditutup dengan awarding ceremony yang diberikan kepada pelajar SMA/SMK dan masyarakat umum.

“Udinus ini merupakan perguruan tinggi pertama yang kami gandeng untuk menjalankan kegiatan YTU. Ke depan, kami berharap bisa membuat acara ini lebih besar hingga ke skala nasional dan hadiah yang lebih menarik. Dapat menumbuhkan bibit-bibit baru animator di Indonesia, baik dari universitas, umum, maupun SMA/SMK” harapnya.

Para pemenang akan mendapatkan kontrak khusus, terutama juara pertama yang akan dikontrak selama setahun. Mereka akan berkolaborasi dengan Yama untuk mengerjakan proyek khusus.