Atlet Futsal Udinus, Bawa Indonesia Raih Emas di ASEAN University Games 2024 | UDINUS - Universitas Dian Nuswantoro

Semarang – Atlet Futsal Universitas Dian Nuswantoro (Udinus), Muhammad Al-Bagir yang tergabung dalam Tim Putra Indonesia berhasil membawa pulang medali emas. Capaian itu membawa merah putih berjaya di 21st ASEAN University Games (AUG) 2024 Surabaya-Malang, pada Minggu (30/06/2024) pekan lalu. 

Al-Bagir dkk. berhasil menumbangkan Malaysia 4-1 saat pertandingan final di GOR Futsal Universitas Negeri Surabaya Lidah Wetan. Berperan sebagai kiper, ia berhasil menjaga gawang Timnas Indonesia dengan hanya kebobolan 1 gol saja. 

“Bertanding di kancah internasional bukanlah hal yang mudah. Capaian ini menjadi suatu kebanggaan bagi kami mewakili Indonesia karena baru pertama kalinya Futsal mendapat emas di AUG,” ujarnya usai pertandingan pekan lalu. 

“Capaian ini tentu tak lepas dari dukungan seluruh pihak. Termasuk dari para pelatih dan seluruh civitas academica Udinus,” imbuhnya.

Sebelumnya, tim garuda berhasil menumbangkan Timor Leste dengan skor 6-1 di semifinal. Mereka juga berhasil menang di babak penyisihan dengan skor besar mengalahkan Myanmar 6-1 dan Malaysia 3-2. 

Kepala Biro Kemahasiswaan (Bima) Udinus, Dr. Rindra Yusianto, M.T., turut bangga atas capaian terbaru dari Muhammad Al-Bagir bersama tim Futsal Indonesia. Menurutnya, prestasi non-akademik seperti ini juga menjadi fokus utama bagi pihak kemahasiswaan. 

“Kami selalu mendukung mahasiswa dalam berbagai bidang, termasuk untuk para atlet. Mereka akan kami berikan beasiswa ketika meraih prestasi di skala nasional maupun internasional,” tutupnya. 

Selain Muhammad Al-Bagir, prestasi gemilang lain juga telah disumbangkan oleh Udinus untuk kontingen perguruan tinggi di Jateng. Total 5 medali emas dan 3 medali perak berhasil diraih dalam cabor Futsal, Taekwondo, Panjat Tebing, Catur, dan juga Karate.