Suka Jejepangan, Mahasiswi Sasjep Udinus Puan Azahra Gemar Ikuti Cosplay | UDINUS - Universitas Dian Nuswantoro

Kegemarannya dengan budaya Jepang membawa Puan Azahra Anami melanjutkan studi di Program Sarjana Sastra Jepang Universitas Dian Nuswantoro (Udinus). Hal itu terus mengali menyukai hal-hal berhubungan dengan kebudayaan Jepang, khususnya hobinya melakukan aktivitas cosplay.

Gadis yang akrab disapa ‘Ara’ itu, sudah menyukai Jejepangan sejak duduk di bangku SMP. Lalu ketika memasuki bangku SMA, ia mengaku mulai mencari-cari soal Udinus yang juga dikenal dengan keseruan bunkasainya. “Saya sudah mencari tau dan ternyata memang ada Sastra Jepang di Udinus, karena itu saya memutuskan untuk berkuliah di sini,” ujarnya.

Mahasiswa angkatan 2020 itu memiliki ketertarikan budaya Jepang khususnya cosplayer. Terhitung ia sudah mendalami dunia cosplayer sekitar 1,5 tahun. “Hal yang membuat saya tertarik menyukai budaya jepang karena sering datang ke event jejepangan dan bertemu dengan banyak cosplayer lain. Jadi muncul motivasi untuk ikut cosplay,” ungkapnya.

Lebih lanjut, ia menuturkan bahwa karakter favorit yang ia jadikan rujukan untuk cosplay ialah Raiden Shogun. Salah satu karakter dari game Genshin Impact. Karakter anime lainnya ialah Scaramouche. “Tertarik karena suka sama karakter dan jalan ceritanya,” lanjutnya.

BERPOSE: Puan Azahra saat mengikuti kegiatan cosplay di event bunkasai Udinus

Suka Duka Jadi Cosplayer

Dari pengalamannya menjadi cosplayer, banyak suka duka yang Ara rasakan. Sukanya, gadis kelahiran Kendal itu jadi dapat mencoba hobi dan hal-hal yang dipikir menarik. Tidak hanya terbatas jadi penasaran saja. Terhitung sudah 3 kali ia mengikuti event cosplay.

“Lalu dukanya, untuk cosplay sendiri membutuhkan budget yang tidak sedikit. Untuk kostum, make up, dan lain-lain. Kalau make up, sendiri sih kebetulan bisa basic make up. Kalau kostum ada yang sewa, ada yang beli juga. Budgetnya tergantung kostum, biasa kalau sewa itu 1 setnya sampai 150 ribu rupiah,” jelasnya.

Meskipun begitu, ia tetap menekuni bidang ini. Menurut perempuan yang hobi bermain game itu, ada kepuasan sendiri ketika dirinya mengikuti event jejepangan dan memeriahkannya dengan ikut cosplay.

Di Udinus sendiri, ada wadah bagi teman-teman mahasiswa seperti Ara yang suka jejepangan. Salah satunya melalui event Bunkasai yang rutin digelar setiap tahunnya.

“Atmosfer perkuliahan yang dirasakan selama menjadi mahasiswa Udinus menyenangkan. Saya mendapatkan teman yang sangat menyenangkan selama berkuliah. Ke depannya, saya berharap dapat terus mewujudkan mimpi-mimpi saya,” tutup mahasiswi pemilik akun @aramouchiee. (Humas Udinus/Ika. Foto: Dok. Pribadi)