Perkembangan internet yang semakin pesat memunculkan era baru di mana semua orang dapat menciptakan sekaligus mempublish konten video maupun animasi miliknya sendiri. Namun ada beberapa hal yang harus dilakukan maupun dihindari. Untuk bisa memahami hal itu, Prodi D-4 Animasi Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) gelar Webinar Tips Dan Trik Menjadi Konten Kreator Animasi Terkenal. 
 
Webinar yang mengusung topik ‘Animator As a Content Creator’ itu digelar secara daring melalui platform zoom meeting, pada sabtu (01/04/2023). Menghadirkan dua narasumber yang sudah eksis sebagai konten kreator dibeberapa platform sosial media. Yakni Luthfihinelo sebagai animator LuthfiHinelo di platform instagram, dan Sarah Angelia sebagai Ilustrator FergieJNX dan Emak Egi di platform youtube dan tiktok.
 
Pada kesempatan itu Luthfi bercerita seputar pengalamannya berkembang sebagai seorang konten kreator membagikan beberapa hal penting yang harus diperhatikan untuk pemula. Klasifikasi menjadi hal pertama yang harus diperhatikan seorang animator, yaitu mengetahui ilmu menggambar yang paling dasar atau basic drawing dan dapat membayangkan objek dari berbagai sudut. Selanjutnya memiliki sense of movement karena perlu adanya beberapa frame sehingga terjadi ilusi gerakan yang akan membentuk sebuah Animasi.
 
“Dengan perkembangan digital yang semakin pesan software mastery juga dibutuhkan bagi seorang animator yang ingin menjadi konten kreator. Setelah menguasai basic drawing dan sense of movement, setidaknya perlu penguasaan satu software agar animasi bisa benar-benar dibuat,” tegasnya.
 
Pemilik akun Instagram dengan 121 ribu followers itu juga berpesan bahwa konsisten juga menjadi kunci penting agar konten kreator bisa berhasil di platform mana pun. Konsistensi itu bisa diwujudkan dengan beberapa hal, seperti mencatat ide sebanyak mungkin di mana pun dan kapan pun, barulah dilakukan seleksi ide apa saja yang akan dieksekusi. Ide yang dipilih harus sesuai dengan kemampuan dan relate dengan lingkungan atau sesuatu yang sedang trending.
 
“Kemudian yang terpenting adalah kemauan untuk bergerak dan memproduksi ide tersebut, setidaknya lima konten sudah direncanakan dengan matang. Dari situ akan muncul kesempatan untuk memantau konten apa yang paling sesuai dan bisa diterima oleh audience,” ungkapannya.
 
Materi lainnya juga disampaikan oleh seorang ilustrator Sarah Angelia, yang sudah mengantongi total 1.6 juta subscriber di dua youtube channel berbeda. Menyampaikan beberapa topik seputar self branding yang baik yaitu dengan interaksi kepada audience tanpa keluar dari karakter yang sudah dibuat.
 
Sementara itu, Ketua Pelaksana Webinar Ahmad Yahya Ayasy menyampaikan bahwa webinar ini bertujuan memberi pandangan baru sebagai salah satu jenjang karier yang dapat dipilih mahasiswa prodi animasi. Dengan menghadirkan dua narasumber dengan latar belakang yang berbeda diharapkan bisa memberi berbagai sudut pandang terkait konten kreator. 
 
“Semoga melalui webinar ini mahasiswa dari jurusan animasi yang tertarik menekuni karir sebagai konten kreator sudah bisa mendapatkan pandangan yang benar dari narasumber yang sudah terbukti berhasil menjadi seorang konten kreator,” tutupnya. (Humas Udinus/Haris. Foto: Humas Udinus)