KOMBINASIKAN BELAJAR IT DAN MARKETING, RACHMAT ALUMNI UDINUS BERKARIR SEBAGAI ACCOUNT MANAGER DI TELKOM BUSINESS SERVICE SEMARANG

[Sassy_Social_Share]

KOMBINASIKAN BELAJAR IT DAN MARKETING, RACHMAT ALUMNI UDINUS BERKARIR SEBAGAI ACCOUNT MANAGER DI TELKOM BUSINESS SERVICE SEMARANG

[Sassy_Social_Share]
Bidang marketing dan IT merupakan dua hal yang berbeda. Namun, tidak menutup kemungkinan kedua bidang tersebut dapat dikombinasikan pada suatu pekerjaan. Mempelajari dua bidang tersebut, kini Rachmat Darmawan Raharjo Sayekti, alumni Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) kibarkan karirnya sebagai Account Manager Telkom Business Service Semarang.
 
Alumni yang lulus pada tahun 2013 itu bergabung di Telkom sejak tahun 2014. Terhitung sudah 9 tahun ia berkarir di sana. Sebagai account manager, pria yang akrab disapa ‘Rachmat’ itu bertugas mengelola pelanggan di segmen corporate dan bisnis. Tugasnya juga meliputi meliputi menjual produk telkom dan menjaga layanan pelanggan tetap jalan di suatu instansi. 
 
“Sebenarnya, dalam tanda kutip ya sales. Tapi enaknya sudah dapat mapping pelanggan. Jadi kami tinggal mengelola dah menaikkan revenue di pelanggan yang sudah ada itu,” jelasnya.
 
Meskipun berkuliah di prodi Informatika, pria yang lahir pada tahun 1992 itu sudah menyukai dunia marketing seperti berjualan laptop dan hal-hal yang berhubungan dengan teknologi. Rachmat pernah bekerjasama dengan beberapa dosen untuk berjualan aplikasi.
 
“Kalau kurang bisa di bagian development, tapi bisa di bagian penjualan, kenapa tidak dilakukan saja?” lanjutnya. 
 
Pria kelahiran Kendal itu mengungkapkan bahwa ilmu yang ia dapat selama berkuliah di Udinus sangat bermanfaat sebagai bekalnya di dunia kerja. Terutama, ilmu di bidang kewirausahaan. Ilmu lainnya yang juga berguna menurut Rachmat adalah tentang jaringan komputer.
 
“Account manager mungkin bisa untuk semua jurusan, tapi seorang account manager harus paham produk yang dijual itu seperti apa. Telkom kan perusahaan yang berhubungan dengan jaringan, infrastruktur dan telekomunikasi, jadi ilmu soal jaringan komputer secara basic harus tau. Dan itu saya dapatkan selama berkuliah di Udinus,” ungkapnya.
 
Rachmat juga menegaskan tentang pentingnya membangun relasi selama du perkuliahan. Menurutnya, kurang maksimal apabila mempunyai produk, tetapi tidak punya relasi sebagai target penjualan.
 
“Jadi bangunlah relasi yang banyak selama kuliah. Ketika lulus, akan lebih mudah karena tinggal melanjutkan hubungan itu dan mengembangkannya,” tutupnya. (Humas Udinus/Ika. Foto: Dok Pribadi)