Seiring berjalannya waktu dan berkembangnya teknologi, membawa perubahan pada banyak aspek. Salah satunya pada bidang pemasaran atau yang akrab disebut dengan marketing. Sebagai upaya membekali mahasiswa tentang kebaruan tren dunia marketing di masa yang akan datang, Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) menyelenggarakan seminar nasional yang berlangsung secara hybird, belum lama ini.
Seminar yang mengusung tema ‘Update Tren Dunia Marketing 2030 Menuju SDGs, Gen Z, dan Metaverse’ itu melibatkan Himpunan Mahasiswa Manajemen (HMM) Udinus. Menghadirkan narasumber Senior Product Manager MarkPlus Institute, Giovanni Alexander, MBA. Pada kegiatan itu peserta akan mendapatkan beberapa keuntungan seperti relasi di bidang marketing, sertifikasi dari Markplus dan juga buku Marketing 2030.
Dalam paparannya, Giovanni memberikan gambaran model dan kondisi pemasaran pada tahun 2030 dan mengupas tuntas isi buku berjudul ‘Marketing 2030’ Karya Hermawan Kertajaya. Ia menjelaskan bahwa hadirnya Artificial Intelligence (AI) sangat berpotensi mengganti beberapa pekerjaan yang ada. Bidang pekerjaan yang terpengaruh contohnya service bagian entry dan analisis data, analisis keuangan, hingga legal research.
“Meskipun begitu, AI juga dapat menghadirkan peluang pekerjaan baru. Oleh karena itu, kemungkinan yang terjadi di masa depan adalah kolaborasi antara manusia dan AI untuk menyelesaikan pekerjaan,” jelasnya.
Satu hal yang ditekankan di dalam buku tersebut adalah perubahan 9 Core Elements pada marketing plus 2000 menjadi The Omni 12 Cs pada marketing 2030. Mengolaborasikan komunikasi dua pihak, teknologi dan juga data dari sistem. Salah satunya adalah O-Communitization yang bertitik berat kepada sebuah komunitas sebagai segmentasi baru dalam melakukan pemasaran produk.
“Ada juga O-Confirmation yang menjadi target pasar baru, sebuah langkah yang diambil perusahaan untuk membuat slogan unik yang menjadi tujuan dari produk-produk yang akan mereka pasarkan. Hal itu didukung dengan O-Clarification yang menjadi wadah pemasaran baru yang saat ini menggunakan media sosial,” terang Giovanni.
Selain itu The Omni 12 Cs lainnya yang dibahas yakni O-Codification, Omni-Co-Creation, O-currency, O-Communal Activation, O-Conversation, O-Commercialization, O-Character, O-Caring, dan juga O-Collaboration.
Seminar tersebut diikuti oleh total 336 mahasiswa baik secara daring maupun luring di Aula gedung E lantai 3 Udinus. Hadir dan memberikan sambutan, Kaprodi S-1 Manajemen Udinus, Dr. Mahmud S.E., M.M. Melalui kegiatan ini ia berharap mahasiswa dapat menyerap ilmu yang diberikan oleh narasumber ahli. Menurutnya kegiatan berlangsung dengan lancar terlihat dari banyaknya pertanyaan yang dilontarkan mahasiswa.
“Kami memang berkomitmen untuk terus menyelenggarakan kegiatan seperti ini untuk membuka wawasan baru bagi mahasiswa. Dalam kegiatan kali ini dapat mempersiapkan diri untuk menghadapi dunia marketing di tahun 2030 mendatang,” tutupnya. (Humas Udinus/Ika. Foto: Dok. HMM Udinus)