Peduli dengan keadaan alam di pesisir, puluhan mahasiswa baru Universitas Dian Nuswantoro Semarang melakukan penanaman 3517 bibit mangrove di Kelurahan Mangunharjo, Kota Semarang. Penanaman mangrove yang dikemas dengan nama Udinus Care Conservation  (UCC) telah rutin dilakukan Udinus sejak 2015 dan telah menanam lebih dari 25 ribu bibit mangrove. 

Proses penanaman mangrove dilakukan oleh mahasiswa pada Dinus Inside hari kedua oleh para mahasiswa baru. Turut hadir pula mahasiswa dari Perguruan Tinggi yang mengikuti Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM).   Mereka  dikoordinasi dan diarahkan langsung oleh penggiat pelestarian mangrove di kelurahan Mangunharjo.

Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan Udinus, Dr. Kusni Ingsih, MM dan Kepala Biro dan Kepala Biro Akademik, Achmad Wahid Kurniawan, M.Kom.turut hadir dan menanam bersama dengan para mahasiswa baru. UCC sendiri merupakan bagian dari rangkaian Dinus Inside 2023.

Sebelumnya, prosesi penyerahan bibit mangrove secara simbolik juga telah dilakukan pada Senin lalu, oleh Rektor Udinus, prof. Dr.Ir. Edi Noersasongko, M.Kom kepada penggiat pelestarian mangrove di Mangunharjo, Sururi.

Dalam wawancaranya, Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan, Dr. Kusni Ingsih, M.M menjelaskan pengikisan karena air laut dipesisir Kota Semarang semakin hari semakin parah, melihat hal itu Udinus fokus dan rutin untuk membantu memberikan bibit sekaligus membantu melakukan penanaman di daerah tersebut. Ungkap Kusni, Udinus sudah melakukan penanaman mangrove sejak delapan tahun lalu dan tetap rutin dilakukan hingga saat ini.

“Kami bekerjasama dengan pengelola disana dan memberikan ribuan bibit. Nantinya akan mahasiswa dari UKM Aldakawanaseta yang merupakan UKM pencinta alam untuk rutin meninjau lokasi disana,”Ungkap Kusni.

Sururi pada wawancaranya, mengungkapkan banyak dampak positif yang dirasakan oleh masyarakat dengan kembalinya fungsi hutan mangrove di daerah Mangunharjo. Satu diantaranya, para nelayan mudah untuk mendapatkan ikan dan tak perlu mencari ikan hingga tengah laut. Tak hanya itu saja, daratan di Mangunharjo kini kian hari teru bertambah.

“Kami sangat terbantu dengan adanya pemberian bibit ini. Dampaknya positifnya sudah dirasakan oleh masyarakat. Di lokasi ketiga penanaman mangrove sudah cukup berhasil dan sudah ada penambahan daratan,”ungkap dia.

Pemberian bibit mangrove sebagai satu diantara kegiatan dalam menyanmbut mahasiswa baru. Saat ini, Udinus menerima mahasiswa baru berjumlah 3517 mahasiswa.  Jumlah  tersebut terdiri dari 1.645 mahasiswa dari Fakultas Ilmu Komputer (FIK), 725 mahasiswa dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), 165 mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya (FIB), 393 mahasiswa Fakultas Kesehatan (FKES), 228 mahasiswa dari Fakultas Teknik (FT), 50 mahasiswa Fakultas Kedokteran (FK), 172 Kampus Kediri  dan 139 mahasiswa Pasca Sarjana.(Humas Udinus/Alex. Foto: Humas Udinus)