Fakultas Kesehatan (FKes) Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) ajak mahasiswa baru (Maba) FKes menggali lebih dalam potensi non akademik. Hal ini diwujudkan dengan diselenggarakan FKes Got Talent pada sesi fakultas hari ketiga yang berlangsung di halaman gedung K Udinus pada Rabu, 6 September 2023.

Kegiatan yang bertujuan mencari mahasiswa bertalenta ini diikuti oleh 393 maba FKes angkatan 2023/2024, yang terbagi ke dalam tiga program studi (prodi). Ketiga prodi itu yakni prodi S-1 Kesehatan Masyarakat, S-1 Kesehatan Lingkungan, dan D-3 Rekam Medis dan Informasi Kesehatan.

Hadir juga mahasiswa berprestasi dari FKes yang membagikan pengalamannya kepada para mahasiswa baru. Umi Sa’diyah, sebagai pembicara pertama yang merupakan pemenang juara 2 artikel ilmiah itu mengungkapkan motivasinya dalam mengikuti perlombaan yang diharapkan dapat menginspirasi mahasiswa baru. Ia ingin dapat membanggakan orang tuanya.

“Selain membanggakan orang tua, saya juga ingin mendapatkan beasiswa dari Udinus. Udinus sangat terbuka memberikan beasiswa kepada mahasiswa berprestasi di kancah nasional hingga internasional, baik itu akademik maupun non-akademik,” ucapnya.

Pembicara kedua, ketua Program Pembinaan Mahasiswa Wirausaha (P2MW), Tyas menegaskan bahwa banyak benefit yang didapat ketika mengikuti kompetisi. Dari segi keuntungan akademik, hingga finansial. “Dengan mengikuti P2MW ini saya dapat konversi SKS sekitar 6-8 SKS. Selain itu, bisa mendapat tambahan uang saku lebih yang dihasilkan dari penjualan produk saya,” tegasnya.

Selain itu, ada pula jajaran mahasiswa berprestasi lainnya. Di antaranya adalah Abian Haikal, Widya Putri, Zahra Yulia, Alfiatul Kanzia, Rizka Muzzaki Syah. Mereka adalah mahasiswa yang lolos dalam mengikuti Program Penguatan Kapasitas Ormawa (PPKO).

Noval Riski Fadlurrahman selaku ketua pelaksana berharap melalui kegiatan ini, dapat menggali potensi baik akademik, maupun non akademik dari mahasiswa baru. “FKes Got Talent kami tampilkan di hari terakhir Dinus Inside. Saya harap mahasiswa baru dapat menggali potensi di luar kegiatan akademik juga,” tutupnya. (WTDN/Kurniawan. Foto:WTDN)