Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) menerima sebanyak 52 mahasiswa dari berbagai wilayah di Indonesia dalam Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM). Sebagai simbol penerimaan, 52 mahasiswa itu, disambut dalam kegiatan penyambutan mahasiswa PMM Batch 3 yang berlangsung pada Rabu, 13 September 2023.

Melalui acara yang berlangsung di Auditorium gedung H lantai 7 Udinus Semarang, mahasiswa disambut langsung oleh Rektor Udinus, Prof. Dr. Ir. Edi Noersasongko, M.Kom. Dalam sambutannya, Rektor Udinus mengucapkan selamat datang kepada seluruh peserta PMM. Tidak hanya itu, beliau juga memperkenalkan tentang Udinus mulai dari inovasi dosen dan mahasiswa Udinus, hingga tradisi-tradisi yang ada.

“Harapannya, dengan penyampaian materi tentang Udinus ini mahasiswa PMM dapat semakin mengenal Udinus dan dapat menerapkan hal-hal yang baik. Mahasiswa bisa melakukan ATM, alias Amati, Tiru, dan Modifikasi. Semoga ilmu yang didapatkan bermanfaat dan bisa diterapkan, sehingga kedatangannya jauh-jauh ke Udinus tidak sia-sia,” harapnya.

Kepala Biro Kerjasama dan Urusan Internasional (KUI) Udinus, Dr. Ir. Dwi Eko Waluyo, M.M melaporkan bahwa 52 mahasiswa PMM berasal dari luar pulau Jawa. Di antaranya berasal dari Aceh, Nusa Tenggara Timur (NTT), Sulawesi Selatan, Kalimantan Timur, dan masih banyak lagi.

“Alhamdulillah dari segi jumlah, tahun ini Udinus kedatangan 2 kali lipat lebih banyak daripada tahun lalu,” ungkapnya.

Dalam pemaparannya, ia menjelaskan bahwa mahasiswa akan mendapatkan mata kuliah sejumlah 16 sks. Kemudian, ada juga 4 sks lainnya yang akan masuk ke modul nusantara yang menjadi sarana pengayaan, pengembangan kepribadian, peningkatan nasionalisme serta kebhinekaan.

“Pada modul nusantara jnilah mahasiswa akan dikenalkan berbagai budaya yang ada. Harapannya mereka dapat memperkaya pengalaman bertukar di Universitas Dian Nuswantoro dan benar-benar merasaka bagaimana rasanya bertukar sementara, bermakna selamanya,” paparnya.

Dalam kegiatan penyambutan mahasiswa PMM juga dihadiri oleh 15 ormawa perwakilan mahasiswa Udinus yang turut menyambut. Mewakili mahasiswa Udinus lainnya, presiden mahasiswa Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Mahasiswa (BEM KM) Udinus, Muhammad Khoirul Anam berharap dapat timbulnya interaksi yang positif antar mahasiswa, terbinanya persatuan, kesatuan, dan sikap toleransi yang kuat, serta terjalinnya pertemanan yang luas.

Ditemui selepas acara, Ida Ayu Ulan, mahasiswa yang berasal dari Universitas Warmadewa Bali mengungkapkan alasannya mengikuti program PMM karena ingin keluar dari zona nyaman dan mencari pengalaman di luar pulau Bali.

“Alasan saya memilih Udinus karena menurut saya fasilitasnya sangat bagus dan lengkap. Ke depannya, saya harap program ini dapat terus berlanjut,” tutupnya.

Acara penyambutan dimeriahkan juga oleh penampilan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang ada di Udinus. Di antaranya ada olah vokal dari Paduan Suara Mahasiswa Gita Dian Nuswa, dan penampilan dance dari Dance From Udinus (DFU). 52 Mahasiswa tersebut berasal dari 30 Perguruan Tinggi yang tersebar di Indonesia.