S-3 Program Doktor Ilmu Komputer Udinus Luluskan Mahasiswa, Teliti Tentang Metode  Mampu Bantu Dunia Kedokteran

[Sassy_Social_Share]

S-3 Program Doktor Ilmu Komputer Udinus Luluskan Mahasiswa, Teliti Tentang Metode  Mampu Bantu Dunia Kedokteran

[Sassy_Social_Share]

S-3 Program Doktor Ilmu Komputer (PDIK) Fakultas Ilmu Komputer (FIK) Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang berhasil kembali luluskan satu mahasiswa. Mahasiswa S-3 PDIK Udinus bernama Dr. Muhammad Misdram berhasil meraih gelar Doktor berkat disertasinya berjudul ‘Penanganan Dataset Kecil Tidak Seimbang Pada Klasifikasi Menggunakan Metode Gaussian Based-Smotedan Gradually Generative Adversarial Network (GradGan)’ . 

Mahasiswa yang akrab disapa Misdram berhasil mempertahankan disertasinya pada sidang terbuka yang digelar di ruang rapat gedung H lantai 1.  Sidang dipimpin oleh ketua penguji sekalIgus Wakil Rektor I Bidang Akademik Udinus, Prof. Dr. Supriadi Rustad , Msi mampu berjalan lancar. Dengan berhasilnya, Misdram pada sidang tersebut, menjadi lulusan pertama bagi S-3 PDIK Udinus di tahun ini.  

Saat ini, S-3 Program Doktor Ilmu Komputer, FIK Udinus  telah memiliki akreditasi ‘Baik Sekali’.  Akreditasi itu didapatkan berdasarkan Surat Keputusan (SK) Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dengan nomor SK 11405/SK/BAN-PT/Akred/D/X/2021. Surat keputusan tersebut, telah diterbitkan oleh BAN PT sejak tanggal 5 Oktober 2021, dan akan berlaku hingga tanggal 5 Oktober 2026.  

Ketua Program Doktor Ilmu Komputer Udinus, Purwanto, S.Si, M.Kom, Ph.D menjelaskan bahwa S-3 PDIK Udinus memiliki keuggulan dapat dimanfaatkan mahasiswa. Mulai dari kualitas pengajar yang mumpuni hingga sarana dan prasarana yang mampu menunjang para mahasiswa untuk kuliah dengan nyaman.   Hal itu terbukti dengan akreditasi yang dimiliki oleh S-3 PDIK Udinus yang telah terakreditasi ‘Baik Sekali’. 

Sidang terbuka yang digelar pada hari ini, terbukti bahwa PDIK memiliki lulusan yang unggul. Ia juga mengucapkan selamat untuk Dr. Muhammad Misdram yang berhasil meraih gelar doktor dan mampu mempertahankan disertasinya di hadapan penguji.

“Kami berikan pendampingan dan pengajaran yang luar biasa kepada para mahasiswa S-3 PDIK Udinus. Bahkan para mahasiswa dari S-3 PDIK Udinus mampu mempublikasikan jurnal internasional terindeks Scopus,” jelasnya. 

Sementara itu, Rektor Udinus, Prof. Dr. Ir Edi Noersasongko, M.Kom mengikuti sidang terbuka S-3 PDIK Udinus,  turut bangga dan mengucapkan selamat kepada Dr. Muhammad Misdram. Rektor Udinus berpesan agar gelar doktor tersebut mampu memberikan manfaat dan kontribusinya bagi Indonesia.  Melalui S-3 PDIK, Udinus berkomitmen untuk terus berkontribusi mencerdaskan kehidupan bangsa dan melahirkan insan Indonesia yang kompetitif di dunia teknologi. 

“Kami sangat bangga dapat mendampingi mahasiswa S-3 di PDIK Udinus hingga meraih gelarnya. Melalui S-3 PDIK, kami berkomitmen untuk terus berkontribusi mencerdaskan kehidupan bangsa dan melahirkan insan Indonesia yang kompetitif di dunia teknologi,” tegas Rektor Udinus. 

Riset Mampu Bantu Dunia Kedokteran

Dr. Muhammad Misdram berhasil meraih gelar doktornya dan juga menjadi lulusan pertama di S-3 PDIK Udinus. Dalam sidang itu, ia mampu mempertahankan dan mempublikasikan disertasinya dengan judul ‘Penanganan Dataset Kecil Tidak Seimbang Pada Klasifikasi Menggunakan Metode Gaussian Based-Smotedan Gradually Generative Adversarial Network (GradGan)’. Menurut penjelasan Dr. Muhammad Misdram dalam risetnya, ia meneliti dan mengembangkan metode yang mampu membantu di dunia kedokteran dalam mendeteksi serta memprediksi kesembuhan pasien.

“Saya melakukan riset ini kurnag lebih dua tahun ya. Metode GradGan ini melihat dari nilai akurasi dari dataset yang diuji dengan hasil akurasi yang baik,” jelasnya.

Misdram mengaku bahwa S-3 PDIK Udinus memiliki sistem pembelajaran yang luar biasa dan para pengajar pun mampu mengarahkan para mahasiswanya untuk lulus dengan hasil yang memuaskan. 

“Saya  tak ragu saat mendaftar dan menjadi angkatan pertama di S-3 PDIK Udinus. hal itu karena Udinus adalah Kampus IT Terbaik di Jawa Tengah dan akreditasi prodi serta institusi yang sangat baik,” ungkap Dr. Muhammad Misdram

Dalam pengembangan disertasinya, Dr. Muhammad Misdram dibimbing oleh tiga promotor. Mereka yakni Prof. Dr. Ir Edi Noersasongko, M.Kom, Purwanto S.Si, M.Kom, Ph.D dan Dr. Muljono, S.Si, M.Kom. (Humas Udinus/Alex. Foto: Humas Udinus)