Tumbuh kan jiwa kepedulian terhadap sesama dan lingkungan, mahasiswa baru (maba) Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) diajak mengumpulkan bakti sosial dan tanaman hias. Hal itu merupakan penugasan wajib bagi seluruh peserta Dinus Inside yang merupakan maba tahun akademik 2024/2025.

Penugasan yang masuk di dalam agenda pra Dinus Inside tersebut secara berkala dikumpulkan sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan yaitu selama 3 hari dimulai pada Selasa, (03/09/2024) kemarin. Untuk pengumpulan tanaman hias dilakukan di lapangan parkir motor Gedung G Udinus, sementara untuk bakti sosial di Gedung A lantai 1 Udinus.

Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan, Prof. Dr. Kusni Ingsih, M.M., menyampaikan bahwa penugasan ini ditujukan untuk menumbuhkan jiwa kepedulian maba Udinus. Tidak hanya peduli terhadap sesama saja, melainkan terhadap lingkungan dengan memberikan tanaman hias.

“Nantinya di hari kedua Dinus Inside, semua bakti sosial dan tanaman hias yang sudah terkumpul akan dibagikan ke tempat-tempat yang membutuhkan. Tentu maba juga akan diajak untuk terjun langsung membagikan hasil penugasan ini,” terangnya.

“Selain itu penanaman bibit mangrove dan benih ikan juga akan dilakukan oleh maba dan juga perwakilan organisasi mahasiswa (ormawa). Untuk pengumpulannya sudah bekerja sama dengan salah satu mitra Udinus,” imbuh Prof. Kusni.   

Aktivitas tersebut merupakan agenda rutin yang harus diikuti oleh seluruh maba Udinus, menjadi serangkaian kegiatan masa orientasi mahasiswa Udinus yang biasa disebut Dinus Inside. Pada kegiatan tersebut, maba akan dikenalkan dengan lingkungan kampus, sistem perkuliahan, hingga fasilitas dan sarana prasarana yang akan didapatkan selama berkuliah.

“Kami berharap kegiatan Dinus Inside nantinya bisa berjalan dengan lancar, semua ilmu yang ingin diberikan kepada mahasiswa dapat tersampaikan secara maksimal. Sebagai bukti nyata Udinus dalam membangun kepercayaan masyarakat untuk melanjutkan perkuliahan,” tutup Wakil Rektor III.

Secara rinci, berbagai informasi seperti penugasan dan jadwal penting selama Dinus Inside dapat diakses oleh para maba di laman resmi Dinus Inside 2024. (Humas Udinus/Haris. Foto: Humas Udinus)