Dalam upaya memperluas jangkauan pemasaran batik pewarna alam hingga ke skala internasional, Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) luncurkan hybrid exhibition dan platform berbasis web dan android. Pengembangan luaran yang dapat diakses di ziebatik.com yang bekerja sama dengan Unisbank mencakup e-commerce, e-ticketing dan katalog produk guna mendukung promosi mitra, Zie Batik.

Luaran itu mendukung promosi sentra batik pewarna alam asal Gunungpati, Kota Semarang. Diluncurkan secara bertahap oleh Program Sarjana Terapan Pengelolaan Perhotelan Udinus dengan memperingati 20 tahun Zie Batik berkarya.

Bersamaan juga dengan Hari Batik Nasional, platform digital dan hybrid exhibition resmi diluncurkan sebagai luaran dari Program Kedaireka Diksi Vokasi. Kegiatan tersebut juga dilaksanakan pada Rabu (02/10/2024) pekan lalu, di sentra batik pewarna alam Gunungpati, Semarang.

Ketua Tim Pengembang, Cindy Citya Dima, S.E., M.MPar., CHE., menyatakan bahwa proses pembuatan platform ini memakan waktu enam bulan sejak Mei 2024 lalu. Tim terdiri dari empat dosen Pengelolaan Perhotelan Udinus dan dua dosen Vokasi Unisbank.

“Tujuan utama dari platform ini untuk dapat mengelola penjualan secara online agar dapat mencakup konsumen yang lebih luas. Tentunya kami berharap penjualan itu dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin oleh sentra batik di Gunungpati,” ujarnya.

Anggota yang terlibat secara rinci dari Pengelolaan Perhotelan Udinus, Dedi Joko Purnomo, M.Kom., Andi Hallang Lewa, S.S., M.M., dan Prima Setia Judha Pranatha, S.ST., M.MPar. Sementara itu dari dosen vokasi Unisbank anggota terdiri dari Artin Bayu Mukti, A.Par., M.Par., dan Widhian Hardiyanti, S.MB., M.M.

Inovasi Digital Kedaireka DIKSI untuk Dukung Promosi Zie Batik Gunungpati

Lebih lanjut, Cindy berharap platform tersebut bisa terus digunakan oleh mitra. Untuk meningkatkan pendapatan melalui penjualan batik dan memperluas promosi hingga ke pasar internasional. Selain itu, hybrid exhibition yang diinisiasi dapat menjadi acara tahunan yang konsisten digelar di Sentra Batik Gunungpati.

“Dengan berhasilnya peluncuran platform digital ini, kami ingin kerja sama dapat terjalin secara berkelanjutan antara perguruan tinggi dan mitra. Khususnya untuk mempromosikan produk lokal dan mendukung pertumbuhan ekonomi kreatif di daerah,” tutup dosen Pengelolaan Perhotelan Udinus itu. (Humas Udinus/Haris. Foto: Humas Udinus)