Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) melakukan penandatanganan perjanjian kerja sama dengan 36 mitra usaha Program Wirausaha Merdeka (WMK) tahun 2024. Kerja sama ini bertujuan untuk memberikan bimbingan teknis dan pelaksanaan on-boarding bagi 316 peserta WMK Udinus, yang merupakan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di seluruh Indonesia.

Penandatanganan tersebut dilakukan secara simbolis oleh Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan Udinus, Dr. Kusni Ingsih, M.M., bersama tiga perwakilan mitra WMK.  Ketiga mitra itu mewakili 36 mitra perusahaan lain yang bekerja sama di WMK Udinus.

Mereka adalah perusahaan yang bergerak di berbagai bidang, mulai dari jasa, teknologi, hingga manufaktur. Acara berlangsung di Gedung H lantai 7 dan dihadiri oleh seluruh peserta WMK Udinus, pada Rabu (09/10/2024) kemarin.

Dalam sambutannya, Dr. Kusni Ingsih menjelaskan bahwa setelah penandatanganan kerja sama, para mahasiswa akan melakukan proses on-boarding ke mitra sesuai dengan minat usaha masing-masing.

“Mereka akan menjalani program on-boarding selama 6 minggu dan belajar berbagai hal terkait kewirausahaan. Seperti mengawali usaha, pengemasan produk, serta membangun pasar,” ungkap Kusni.

Ia menambahkan melalui Program WMK tersebut Udinus berkomitmen untuk berperan aktif dalam menciptakan satu juta wirausahawan muda di Indonesia. “Kami berharap program ini dapat memberikan bekal yang cukup bagi para mahasiswa untuk memulai usaha mereka,” ujarnya.

Selain penandatanganan kerja sama, kegiatan ini juga diisi dengan sesi berbagi pengalaman dari beberapa pelaku usaha. Salah satunya adalah Iwan A. Setiaji, Owner Kasturi Group Indonesia, yang menyampaikan harapannya kepada para peserta.

“Kami berharap mahasiswa dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk menggali ilmu sebanyak-banyaknya. Sehingga mampu memulai usaha atau mengembangkan usaha yang sudah mereka miliki,” kata Iwan.

Dengan adanya kerja sama ini, Udinus berharap program WMK mampu menjadi wadah bagi mahasiswa untuk mengembangkan potensi kewirausahaan dan menciptakan inovasi bisnis baru di masa depan. (Humas Udinus/Alex. Foto: Humas Udinus)