Program Studi Magister Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) menggelar seminar internasional dengan tema “Accounting Research for Sustainability Performance of Company in Era Digital”. Seminar mengajak  mahasiswa agar mampu berpikir kritis tentang peran akuntansi dalam mendukung kinerja keberlanjutan perusahaan di tengah peluang dan tantangan era digital.

Kegiatan itu diikuti ratusan mahasiswa dari tiga negara, yaitu Inggris, Malaysia, dan Indonesia. Acara yang dilaksanakan secara daring melalui Zoom Meeting ini dihadiri oleh mahasiswa dari Essex University, Inggris, Multimedia University (MMU), Malaysia, serta mahasiswa Udinus sendiri.

Dalam sambutannya, Dekan FEB Udinus, Dr. Retno Indah Herawati, S.E., M.Si, mengungkapkan apresiasi kepada para narasumber yang berpartisipasi dalam acara ini. “Terima kasih kepada para narasumber yang telah meluangkan waktu dan berbagi ilmu di webinar kali ini. Ilmu yang diberikan tentu sangat berharga bagi peserta, apalagi mereka berasal dari tiga negara,” ujarnya. Dr. Retno juga berharap agar para mahasiswa dapat menyerap ilmu yang diberikan untuk menghadapi tantangan ekonomi yang semakin kompleks.

Seminar ini menghadirkan tiga narasumber ahli, yaitu Fitra Rohman Cahaya, S.E, M.Kom, Ph.D dari Essex University, Enny Susilowati Mardjono, Ph.D., dari FEB Udinus, dan Dr. Siti Zakiah Bt Melatu Samsi, Dekan Fakultas Bisnis MMU, Malaysia. Selain itu, turut hadir pula Ketua APSAAI Indonesia, Prof. Dr. Abdul Halim, MBA, Akt.

Wakil Rektor IV Bidang Riset dan Kerjasama Udinus, Prof. Dr. Pulung Nurtantio Andono, S.T, M.Kom, turut memberikan dorongan kepada para mahasiswa untuk aktif berdiskusi dengan para narasumber. Ia menekankan pentingnya keaktifan peserta untuk mengembangkan pemahaman mereka dalam diskusi ilmiah.

“Saya berharap mahasiswa dapat mengeksplorasi ilmu yang disampaikan oleh para narasumber dan berperan aktif dalam diskusi,” tutur Prof. Pulung.

Dengan terselenggaranya seminar ini, diharapkan para peserta semakin memahami tantangan akuntansi dalam mendukung kinerja keberlanjutan perusahaan, khususnya di era digital yang terus berkembang.