Setelah akreditasi universitas beberapa waktu lalu di Universitas Dian Nuswantoro (Udinus), kini giliran Fakultas Kesehatan yang berjuang memperoleh akreditasi A untuk program studi S1 Kesehatan Masyarakat (KesMas). Sejak Minggu s/d Selasa (13-15/11), Fakultas Kesehatan (FKes) Udinus menerima visitasi asesor dari Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan Tinggi Kesehatan Indonesia (LAM-PTKes) guna meningkatkan nilai akreditasi jurusan. Kedua asesor tersebut adalah Dr. Dian Ayubi, S.K.M., M.QIH dan Prof. Dr.dr. M. Alimin Maidin, MPH.

Kegiatan visitasi yang akan berlangsung selama 3 hari ini merupakan bentuk pemeriksaan ulang dilapangan guna mengonfirmasi atas data/borang  yang sebelumnya sudah dikirim. Pemeriksaan ulang tersebut meliputi wawancara dengan mahasiswa dan alumni yang steril dari dosen maupun karyawan FKes, wawancara tenaga pendidik, dan crosschek langsung kondisi kelas maupun laboratorium yang dimiliki Fkes Udinus. Mutu pembelajaran dan fasilitas yang baik perlu dibuktikan dengan nilai perolehan akreditasi oleh LAMP-PTKes. “Sejauh ini Kesmas Udinus sudah memiliki fasilitas cukup lengkap, mahasiswanya pun beragam hingga berasal dari Papua,” ujar Alimin Maidin usai mengunjungi fasilitas laboratorium Fkes.

 

Saat ini program studi S1 Kesehatan Masyarakat sudah memiliki nilai akreditasi B, oleh karena itu Dr. MG. Catur Yuantari, S.KM., M.Kes Ketua Program Studi Kesmas Udinus yakin, ia akan memperoleh nilai maksimal. “Kami optimis bisa mengejar nilai yang diperoleh DKV, TI dan SI kemarin” ujarnya disela-sela visitasi LAM-PTKes. (*humas) 

 

TINJAU : Asesor dari LAM-PTKes, Prof. Dr. dr. M. Alimin Maidin, MPH (kanan, berdiri, berbaju putih)  sedang meninjau suasana kelas di progdi Kesehatan Masyarakat, Senin (14/11), saat melakukan visitasi di FKes Udinus kemarin, Foto : Meyta Adelianah.